Bicara Pangan dan Gizi, Polsek Ambalau Berbenah Diri

Iklan Semua Halaman

Betang Raya Post - Suluh Perjuangan Rakyat Kalimantan

Bicara Pangan dan Gizi, Polsek Ambalau Berbenah Diri

KANIT BINMAS HADIRI KEGIATAN SOSIALISASI TINGKAT KECAMATAN "RENCANA AKSI DAERAH PANGAN DAN GIZI KABUPATEN SINTANG TAHUN 2018

AMBALAU - Kanit Binmas Polsek Ambalau Aipda Hedra Admaja hadiri kegiatan Sosialisasi Tingkat Kecamatan Rencana Aksi Daerah Pangan Dan Gizi Kabupaten Sintang Tahun 2018 yang diadakan oleh Tim Dinkes Sintang dan Bappeda Kabupaten Sintang bertempat di gedung serbaguna Kecamatan Ambalau, Kamis(1/11/18).

Hadir dalam kegiatan tersebut Camat Ambalau Iskandar, S.Sos, Kartiyus, SH, M.Si Kepala Bappeda, Darmadi, SKM, M.Kes Kabid Kesehatan Masyarakat Dinkes, Drs. Supomo, M.Si Sekretaris Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan, Lili Suryani, S.I.P, M.Si Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup, Jum'anudin, S.Sos, M.Si Kabid Pasar, Disperindagkop dan UKM, Ir. Wiryono Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan, Dinas Pertanian dan Perkebunan, Dra. Magdalena Kabid Pembinaan SD, Disdikbud, Lea Asnida, S.Si, M.Si Kasubbid Kesra dan Kependudukan Bappeda, Tujito Iswayudi, SKM, MKM Kasi Penyehatan Lingkungan, Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasam Pemukiman, Selly Gathie, SKM, M.A.P Kasi Promosi dan Pemberdayaan Masyarakat Dinkes, Rusmayudi, S.Sos Kasi Pemberdayaan Maayarakat DPMPD, Agustina Ekawati, S.Si, M.Si Staf Bappeda, Fiki Sanjaya, S.STP satf Bappeda. Tim Kesehatan Puskesmas Kemangai, Kepala Desa sekecamatan ambalau, TODAT, TOMAS dan TOGA, Ketua PKK Ny. Koik, Spd dan masyarakat Kec.Ambalau.

Kegiatan ini diadakan guna menyampaikan tentang permasalah kesehatan dan Gizi yang dialami masyarakat terutama kepada anak-anak yang lebih dikenal dengan Stunting, Stunting adalah permasalahan kesehatan yang dialami dimana seroang bayi atau anak-anak mengalami hambatan dalam pertumbuhan tubuhnya, sehingga gagal memiliki yang ideal pada usianya.

Kepala Bappeda bapak Kartiyus, SH, M.Si yang menjadi pembicara pada kesempatan tersebut Stunting bukan merupakan suatu penyakit, Salah satu fokus pemerintah saat ini adalah pencegahan stunting,Upaya ini bertujuan agar anak-anak Indonesia dapat tumbuh dan berkembang secara optimal dan maksimal, dengan disertai kemampuan emosional, sosial, dan fisik yang siap untuk belajar, serta mampu berinovasi dan berkompetisi di tingkat global. ''Terdapat tiga hal yang harus diperhatikan dalam pencegahan stunting, yaitu perbaikan terhadap pola makan, pola asuh, serta perbaikan sanitasi dan akses air bersih". Hal tersebut harus bisa dipenuhi sebelum 1000 hari, dimulai sejak ibu mulai mengandung janin, asupan gizi baik melalui makanan dan minuman harus benar-benar diperhatikan dan dijaga, guna mencegah stunting pada anak sehingga anak mendapatkan asupan gizi yang cukup.

Kapolsek Ambalau Iptu M.R Pardosi, SH melalui Kanit Binmas Aipda Hendra Admaja menyampaikan semoga dengan kegiatan-kegiatan sosialisasi yang dilakukan Dinkes dan pihak terkait diharapkan akan meningkatkan kualitas dan tingkat kesadaran masyarakat terkait permasalhan kesehatan di kecamatan ambalau, karena dengan kesadaran untuk hidup sehat tentunya akan berdampak kepada kualitas generasi penerus yang ada, terutama anak-anak sehingga kedepannya angka stunting di indonesia khususnya kecamatan ambalau akan bisa menurun, "Pesan Kapolsek.