DPC Hanura Sekadau Ucapkan Selamat Kepada Ketum Hanura Lolos Uji Materiil

Iklan Semua Halaman

Betang Raya Post - Suluh Perjuangan Rakyat Kalimantan

DPC Hanura Sekadau Ucapkan Selamat Kepada Ketum Hanura Lolos Uji Materiil

SEKADAU - Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Hanura Kabupaten Sekadau merasa bangga dan merasa senang setelah mendengar berita bahwa Mahkamah Agung (MA) mengabulkan permohonan uji materiil yang diajukan oleh Oesman Sapta Odang terkait peraturan KPU 26/2018 tentang Pencalonan Perseorangan Peserta Pemilu Dewan Perwakilan Daerah, dengan nomor registrasi 65 P/HUM/2018, tanggal 25 September 2018 lalu.

Dimana, dalam peraturan mewajibkan calon anggota DPD untuk mengundurkan diri dari pengurusan partai politik.

DPC Partai Hanura Kabupaten Sekadau melalui Sekretaris DPC, Liri Muri, SE yang juga Anggota DPRD Sekadau dari Partai Hanura dapil 3 ini katakan,  sangat senang mendengar kabar itu.

Mewakili DPC Partai Hanura Kabupaten Sekadau kami mendukung penuh Bapak Oesman Sapta Odang untuk maju kembali di perhelatan politik sebagai calon Dewan Perwakilan Daerah (DPD) pada pemilu 2019 mendatang, " ucap legislator muda dari Hanura ini saat ditemui di kantor DPRD Fraksi Hanura Sekadau, Rabu (31/10 /18).

Seperti yang dilansir dari RMOL. com, Kuasa hukum Oesman Sapta, Dodi Abdulkadir membenarkan kalau MA mengabulkan permohonan uji materi tersebut.

"Benar, MA mengabulkan permohonan uji materiil yang diajukan Bapak Oesman Sapta," kata Dodi, Senin (29/10).

Ditegaskannya, dengan dikabulkannya permohonan uji materiil tersebut, maka Komisi Pemilihan Umum (KPU) memiliki kewajiban hukum untuk memasukan kembali Oesman Sapta sebagai calon Dewan Perwakilan Daerah untuk mengikuti pemilu tahun 2019.

Dengan demikian lanjut Dodi, KPU tidak memiliki dasar hukum untuk mencoret Oesman Sapta dan KPU wajib mengembalilan Oesman Sapta dalam daftar nama calon DPD.

"Permohonan uji materiil sudah disetujui MA. Berarti PKPU tentang Calon DPD tidak boleh merangkap pengurus partai, dibatalkan," kata Dodi.
(Asmuni)