Dukung Kinerja Polri Warga Serawai Hadiahkan Speed Kepada Polsek

Iklan Semua Halaman

Betang Raya Post - Suluh Perjuangan Rakyat Kalimantan

Dukung Kinerja Polri Warga Serawai Hadiahkan Speed Kepada Polsek

Sintang - Warga Kecamatan Serawai mengapresiasi  kinerja Polsek setempat dalam hal pengungkapan, penanganan maupun penindakan kasus ,kecepatan dalam hal melakukan tindakan pertolongan kepada warga mengingat kawasan tersebut merupakan bagian besarnya daerah perairan dan akses transportasi mayoritas menggunakan jalur sungai.

Dengan demikian pihak Polsek setempat sering mengalami kesulitan dan terkendala apabila melakukan  Quick Response (tindakan cepat kepolisian-red)

Dalam kurun waktu  tiga bulan terakhir  warga setempat melihat keaktivan Polisi dalam pembinaan ,perlindungan, pengayoman serta tindakan hukum terhadap kasus-kasus yang  ditangani ,dengan demikian atas inisiatif warga mereka memberikan bantuan speed 15 PK dengan body fiber kepada pihak Polsek Serawai.untuk menunjang kinerja pihak kepolisian. Yang diserahkan langsung oleh Andi Hartono mewakili warga Nanga Serawai  Kabupaten Sintang.


"Ya ini memang inisiatif kami masyarakat setempat karena kita melihat kinerja pihak Polsek sangat tinggi kemudian kurang didukung dengan prasarana,sementara di Serawai ini aksesnya banyak jalur sungai dan rasa terimakasih kami warga Serawai kepada babinkamtibmas untuk mendukung kinerja sebagai pelayan masyarakat agar menggunakan sarana speed ini," Kata Acap usai menyerahkan satu unit speed tersebut pada Senin.(12/11/2018) bertempat diDermaga Pasar Serawai.

Warga masyarakat setempat menyumbangkan speed bukan tanpa alasan ,tetapi untuk menyuport kinerja Polri setempat agar tidak terkendala kinerjanya dalam dalam melayani dan mengayomi masyarakat dalam hal keamanan dan kenyamananya.

Menyikapi hal itu Kapolsek Serawai Ipda Rahmad Kartono  menyambut baik dan mengucapkan terimakasih terhadap perhatian masyarakat yang ditujukan lembaga nya dalam menyokong dan mendukung kinerjanya dalam melayani masyarakat.

"Kami dari Polsek Serawai mengucapkan terimakasih kepada warga pasar yang telah rela memberikan speed 15 PK ini untuk menunjang kinerja kami ,karena apa yang selama ini kita lakukan giat kemanusiaan demi warga masyarakat ternyata dapat perhatian dan nilai positif ,sehingga tanpa kita minta mereka dengan sendirinya memberikan speed itu ,"pungkas Kapolsek.

Wakapolres Sintang Kompol Amri Yudhy yang menerima langsung secara simbolik Speed tersebut mengucapkan terimakasih atas perhatian masyarakat  kepada Polri setempat.

"Kami berterimakasih kepada masyarakat yang telah memberi perhatian terhadap sarana kinerja kami Polsek Serawai ,semoga apa yang diberikan dapat kami manfaatkan dengan baik,"ujar Wakapolres.

Pun demikian Wakapolres menegaskan  kepada  pihak Polsek Serawai agar menjaga,merawat dengan baik  amanah dari masyarakat untuk mendukung kinerjanya.

"Saya minta dengan anggota supaya dapat menjaga,merawat dengan baik amanah masyarakat untuk mendukung kinerja kita dalam melayani masyarakat,"tegasnya.

Belakangan ini banyak prestasi yang mereka raih dalam hal penanganan,pengungkapan dan penyelidikan kasus diantaranya telah melumpuhkan jaringan pembobol rumah walet serta beberapa kasus lainya.

Diketahui Kecepatan Polisi merespon masyarakat yang meminta bantuan kepolisian dalam rumusan ilmu kepolisian di sebut quick respons police time dan ini merupakan salah satu strategi kepolisian dalam melakukan pencegahan kejahatan. Sebagaimana yang dituliskan oleh John Graham dalam bukunya yang berjudul Crime Prevention Strategis in Europe and North America menjelaskan mengenai strategi pencegahan kejahatan
sebagai : “Sesuatu usaha yang meliputi segala tindakan yang mempunyai tujuan yang
khusus untuk memperkecil luas lingkup dan kekerasan suatu pelanggaran, baik melalui pengurangan kesempatan-kesempatan untuk melakukan kejahatan atau pun melalui usaha-usaha pemberian pengaruh kepada orang-orang yang secara potensial dapat
menjadi pelanggar serta kepada masyarakat umum lainnya”.

Untuk itu Strategi Pencegahan Kejahatan dalam masyarakat harus lebih mengharuskan kepedulian dan tingkat pro aktif pihak kepolisian yang lebih besar, yang mana pihak kepolisian telah mempunyai nilai keprofesionalan dalam melakukan pencegahan kejahatan, salah satunya dengan kecepatan merespons masyarakat yang memerlukan bantuan kepolisian. (Rk)