Kapolres Minta Semua Sinergi Menjaga Keamanan Pilkades

Iklan Semua Halaman

Betang Raya Post - Suluh Perjuangan Rakyat Kalimantan

Kapolres Minta Semua Sinergi Menjaga Keamanan Pilkades

Oleh: Firmus
Sumber:Humas Polres Sanggau

SANGGAU  - Dalam rangka Persiapan Pengamanan Pilkades Serentak tahun 2018 di Kabupaten Sanggau, Polres Sanggau melaksanalan Apel Bersama, pagi ini (26/11/2018) yang dilaskanakan di halaman Mapolres Sanggau.

Apel bersama tersebut dihadiri Forkompimda Sanggau, Kasdim, Danyon 642 Kapuas, Kepala Dinas Instansi terkait, Kapolsek Jajaran, Camat se Kabupaten Sanggau serta Kapolsek Jajaran Polres Sanggau. Dengan pasukan dari Kodim 1204 Sanggau, Kompi 642 Kapuas, Staf Polres Sanggau, Bhabinkamtibmas Polsek Jajaran, Satpol PP jumlah pasukan apel kurang lebih 400 orang.

Kapolres Sanggau AKBP Imam Riyadi, S. IK, MH dalam amanahnya menyampaikan, Apel Gelar Pasukan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengecek kesiapan personel, sarana dan prasarana pendukung sebelum diterjunkan untuk melaksanakan pengamanan Pilkades. Dengan demikian Pilkades tahun 2018 akan dapat terselenggara dengan Aman, Lancar dan Damai. Pilkades Serentak Tahun 2018 di Kab. Sanggau yang akan dilaksanakan pada tanggal 29 Nopember 2018 di 12 (dua belas) Kecamatan yang ada di Kab. Sanggau dengan jumlah Desa yang melaksanakan Pilkades sebanyak 68 (enam puluh delapan) Desa.

“Bahwa Pesta Demokrasi Pilkades yang akan dilaksanakan memiliki arti yang sangat penting dan perlu menjadi perhatian kita bersama, berbagai potensi kerawanan telah dipetakan untuk dilakukan upaya penanganan secara Profesional dan Prosedural, dalam kacamata kamtibmas peningkatan kegiatan Pilkades ini tentunya dapat memunculkan potensi kerawanan dibidang Keamanan, diantaranya yang cukup menjadi perhatiaan bagi Polri adalah pemanfaatan Identitas, penyebaran isu-isu yang dapat memecah belah persatuan bangsa, serta penyebaran Berita Hoaks dan Hate Speech, yang berpotensi menimbulkan konflik sosial ditengah-tengah kehidupan bermasyarakat,” kata Kapolres Sanggau.

Apel gelar pasukan ini juga untuk mewujudkan kesamaan Visi, Persepsi dan Pola tindak dalam pengamanan pelaksanaan Pilkades serentak tahun 2018. Untuk itu saya menghimbau kepada peserta apel dan saya tekankan khususnya kepada seluruh anggota Polres Sanggau dan jajaran yang akan melaksanakan pengamanan, agar dapat melaksanakan pengamanan ini dengan penuh tanggung jawab, humanis dan menjunjung tinggi hak asasi manusia, hindari tindakan arogan yang dapat menurunkan citra Polri di mata masyarakat sehingga pengamanan pilkades yang kita laksanakan memperoleh dukungan dari masyarakat.

“Diharapkan kita semua baik Aparat Keamanan, Pemda dan Pengamanan Swakarsa dapat berperan aktif dalam upaya terciptanya Kamtibmas yang kondusif melalui peningkatan Pengamanan Internal, kita sama-sama meningkatkan sinergitas antar Instansi terkait, Stakeholder yang ada, Tomas, Toda dan Toga sehingga selalu tercipta kondisi kamtibmas yang Dinamis dapat termonitor dan berjalan sesuai dengan dinamika masyarakat,” Harap AKBP Imam Riyadi.

Kapolres menambahkan, Dalam pelaksanaan kegiatan pengamanan pilkades serentak ini jangan dianggap sebagai kegiatan rutin, namun kita lakukan lebih serius dan waspada disetiap pelaksanaan dari tahap persiapan, pelaksanaan hingga berakhirnya kegiatan disetiap TPS, berkoordinasi dengan panitia pilkades serta pemangku kepentingan.

Pilkades ini merupakan momen Pesta Demokrasi ditingkat Desa untuk memilih calon pemimpin ditingkat Desa sehingga menjadi agenda yang senantiasa disambut dengan penuh antusias oleh warga didesa yang melaksanakan Pilkades karena para Calon yang maju sangat dikenal oleh warga masyarakatnya.

“Oleh karena itu melalui apel gelar ini, Polres Sanggau bersama Instansi terkait dan didukung oleh segenap komponen masyarakat, mengharapkan agar dapat bersinergi guna memberikan Pengamanan, Perlindungan, Pengayoman dan pelayanan secara komprehensif pada saat pelaksanaan Pilkades ini sehingga dapat berjalan dengan aman, lancar, tertib dan terkendali,” pungkasnya.