PMI Sanggau Kunker ke UTD PMI Bali

Iklan Semua Halaman

Betang Raya Post - Suluh Perjuangan Rakyat Kalimantan

PMI Sanggau Kunker ke UTD PMI Bali

Laporan: Agustinus Andi

BALI - Kunjungan Kerja (Kunker) Unit Transfusi Darah Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Sanggau-Kalimantan Barat ke Unit Transfusi Darah ( UTD) PMI Provinsi Bali tanggal 9 Nov 2018.

Kedatangan rombongan UTD-PMI Kabupaten Sanggau disambut dengan baik oleh UTD-PMI Provinsi Bali jalan Diponegoro (kompleks RSUP Sanglah) Denpasar Bali, sebelum shering rombongan diajak melihat fasiltas-fasiltas yang dimiliki oleh UTD - PMI Bali, dari ruangan Pendaftaran, Proses donor darah :
1. pendonor mengisi formulir donor darah yang sudah di siap kan oleh petugas UTD PMI

2. Cek Tekanan darah dan Hemoglobin,timbang berat badan

3. Sebelum pengambilan darah pendonor di persilahkan untuk mencuci lengan dengan sabun dan air mengalir

4. pendonor di persilahkan untuk masuk ke ruang Aftap untuk dilakukan pengambilan darah (Phlebotomy), jika sudah selesai pengambilan darah pendonor di persilahkan untuk menikmati extrafood yg sudah di siapkan oleh petugas


Ketua PMI Kabupaten Sangau Ibu Yohana Kusbariah merasa bangga dan berterima kasih kepada UTD PMI Provinsi Bali yang sudah menyambut Rombongan PMI dari Kabupaten Sanggau dengan baik. Dengan Kunker kali ini kami banyak belajar dan banyak mendapat pengalaman dibidang UTD.

UTD PMI Propinsi Bali sangat luar biasa, ketika kami diajak mengunjungi setiap ruangan, ternyata alat dan sistem kerjanya sudah serba canggih, dengan melihat keadaan dan alat yang seperti ini menjadi bahan kami kelak untuk beraudensi dengan pemerintah daerah tandas ketua PMI Kabupaten Sanggau, beliau juga menegaskan bahwa apa yang dikatakan oleh masyarakat selama ini, bahwa PMI Jual darah adalah tidak benar.

UTD PMI Kabupaten Sanggau masyarakat masih jauh tingkat kesadarannya untuk mendonor sehingga masih banyak yang disebut pendonor pengganti, sedangkan UTD PMI Pronvinsi Bali sudah 100% pendonor tanpa penganti, kami selama ini masih berusaha mensosialisasikan kepada masyarakat untuk donor, karena ada masyakat juga yang takut untuk donor tandas ketua UTD PMI Kabupaten Sanggau dr. Dixy Febrianita TPP.

Ketua UDT PMI Provinsi Bali I Gusti Bagus Arsi Putra SH. S.Sos yang diwakili Sekretaris Drs. Nyoman Puasa Aryana M.Si mengucapkan banyak terima kasih atas Kunker UTD PMI Kabupaten Sanggau, semoga kelak kami dapat membalas Kunkernya. Beliau juga mengajak masyarakat luas bahwa kegiatan donor darah merupakan kegiatan sosial dan mau mengajak masyarakat agar peduli terhadap sesama.

Kepala UTD PMI Provinsi Bali dr. AA. Sagung Mas Dwipayani. M.Kes bahwa: yang pertama yaitu: secara teknis UTD yang diatur dalam UUD NO 1 2018 dimna kita kembali menjadi Unit Donor Darah, sehingga dari hal yang kecil saja kita harus menyamakan persepsi, sedangkan yang kedua UTD adalah bagian dari PMI, kita adalah unit pelaksana teknis dan PMI jadi UTD itu tidak Exklusif atau tidak sendiri tepati kepala UTD harus merikrot laporan kepada ketua PMI. Dalam kegiatan donor darah, kita juga harus mensosialisasikan kepada masyarakat, setelah itu kita surati dan pada akhirnya mereka menyadari bahwa kegiatan donor darah itu sangat penting.

Kunker kali ini dalam rangka meningkatkan tranpusi darah khususnya di PMI Kabupaten Sanggau dan meningkatkan kapasitas sumber daya manusia yang semakin hari semakin ditingkatkan apalagi perkembangan alat-alat yang semakin hari semakin canggih, hal inilah yang perlu kita studi bandingkan di Unit tranpusi darah PMI Provinsi Bali. Maka dari itu kami Unit Tranpusi darah PMI Kabupaten Sanggau merasa layak untuk belajar di sana ungkap Urbanus selaku Sekretaris PMI Kabupaten Sanggau.