Robo - Robo Dusun Pesayangan Jadikan Sebagai Wisata Budaya

Iklan Semua Halaman

Betang Raya Post - Suluh Perjuangan Rakyat Kalimantan

Robo - Robo Dusun Pesayangan Jadikan Sebagai Wisata Budaya

Oleh : Ya' Syahdan

NGABANG - Setiap tahun masyarakat Dusun Pesayangan Desa Raja Kecamatan Ngabang, Kabupaten Landak Kalbar, pada hari Rabu terakhir bulan Syafar melakukan ritual Robo- robo, dimana untuk tahun ini jatuh pada tanggal 7 November 2018, bertepatan 29 Safar 1440 Hijeriah.

Ritual tidak hanya dilakukan masyarakat Dusun Pesayangan, ditempat yang sama juga dilakukan oleh masyarakat sekitar yang keberadaannya berdekatan dengan Dusun Pesayangan.Dengan bergabungnya masyarakat melakukan ritual Robo- robo, di isi dengan Qasidah, dan Tarian Jepin dari anak anak sanggar, membuat suasana menjadi meriah,

Rabu, (7/11/2018), hari Rabu terakhir bulan Syafar, bertepatan dengan 29 Syafar 1440 Hejeriah, masyarakat Dusun Pesayangan dan sekitarnya  melakukan ritual Robo-robo
Acara di dahului dengan ziarah ke makam keramat Lebai Rantau di Dusun Pesayangan Desa Raja Kecamatan Ngabang Kabupaten Landak. Setelah ziarah dan doa,
acara kemudian dilanjutkan dengan lantunan lagu qasidah, tarian jepin dari anak -anak sanggar dan kata sambutan dari ketua panitia, kades Raja, bapak camat Ngabang, serta ketua MABM Kabupaten Landak.

Ketua panitia Wan Agustian, mengharapkan kedepan ritual Robo- robo agar semakin meriah dari tahun ini, dan berbagai pihak dapat terlibat langsung untuk memeriahkannya.

Kepala Desa Raja, Zulkarnain, menyambut positif  kegiatan Robo- robo, dimana telah menjadi tradisi masyarakat, yang tidak hanya dilakukan di Dusun Pesayangan, tapi juga di lakukan di Mempawah dan ditempat kelahiran saya di Padang Tikar. Kemudian, kata Kades, " Tahun ini adalah tahun politik, mari kita jaga situasi agar tetap aman dan mari kita sukseskan pemilu dengan ikut aktip berpastisipasi dengan datang ke TPS, memilih Presiden, DPD, DPR RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten, sesuai dengan pilihan masing, " ucapnya.Ditambahkannya agar jalan masuk menuju Dusun Pesayangan dapat di bangun Pemerintah, dimana selama ini sangat dinanti - nanti oleh masyarakat Dusun Pesayangan.

Plt Camat Ngabang, Y Nomensen, juga mengatakan yang sama, meminta masyarakat  untuk dapat menjaga ketertiban dan keamanan, mari sukseskan Pilpres, dan pileg, dia berharap agar partisipasi masyarakat dalam menentukan pilihan dapat mencapai 100 %.

Sementara itu ketua MABM Kabupaten Landak Kalbar, Gusti Muhardi juga menyambut postif ritual Robo- robo,  " maaf kepada sanggar jepin Dusun Pesayangan, karena tidak dapat mengikutkan untuk pergi ke Sekadau dalam kegiatan seni budaya Melayu," ucapnya.