Rufina Sekunda : Selamat Hari Guru Nasional

Iklan Semua Halaman

Betang Raya Post - Suluh Perjuangan Rakyat Kalimantan

Rufina Sekunda : Selamat Hari Guru Nasional

SINTANG - Sungai Tebelian, 26 Nopember 2018 telah dihelat upacara memperingati Hari Guru nasional pada pukul 08.00 WIB sampai dengan selesai.

Adapun acara ini di selengarakan oleh PGRI Cabang Sungai Tebelian dari TK, SD, SMP, SMA dan SMK yang di ketuai Abdul Syukur, S.Pd, SD dan ketua panitia kegiatan kepala sekolah SMPN 3 Sungai Tebelian Sih Sarwodadi Teguh, S.Pd.Ind.

Upacara peringatan hari guru ini dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaamn Kabupaten Sintang Drs. Lindra Azmar, M.Si selaku pembina upacara. Camat Sungai Tebelian Bernard Saragih, S.Sos, M,Si. Pengawas pembina SMP Kecamatan Sungai Tebelian Supartoyo, S.Pd, M.Pd.

Hadir juga Kepala SKB Sintang, Kepala Puskesmas Sungai Tebelian, Kepala Desa Sungai Tebelian,Kepala SMKN 1 Sintang, Kepala SMAN 1 Sintang,Kepala SMK Nurul Maarif, Kepala SMAN 1 Sungai Tebelian, Kepala SMA Joseph Kahtulistiwa, Kepala SMPN 1 Sungai Tebelian, Kepala SMP Joseph Khatulistiwa, Kepala SMP Nurul Maarif, Kepala SDN 1 Sungai Tebelian, Kepala SDN 4 Sungai Tebelian, Kepala SDN 22 Sungai Tebelian, Tokoh masyarkat Bapak Yusli, Sp yang menyumbangkan nasi tumpeng HUT Guru Nasional 2018 , guru-guru dari TK, SD, SMP, SMA dan SMK di PGRI Cabang Sungai Tebelian serta dihadiri kurang lebih 450 siswa dari TK, SD, SMP, SMA dan SMK.

Upacara berlangsung cukup hikmat dan meriah ini merupakan wujud syukur dan bangga guru guru yang tergabung dalam PGRI Cabang Sungai Tebelian atas profesi mulia yang di amanahkan kepada mereka.

Dalam upacara tersebut Kepala Dinas Pendidikan memberikan amanat bahwa hendaknya guru di Kabuapten Sintang pada umumnya dan guru PGRI Cabang Sungai Tebelian mampu mengemban amanah mulia misi Pendidikan bangsa dan negara Indonesia, karena menjadi guru adalah sebuah profesi yang menuntut sikap disiplin, bertanggungjawab, berkarakter yang muaranya akan menciptakan guru-guru professional.

Guru harus memaknai hari guru nasional dengan bekarya dan memberikan sumbangsih dedikasinya denga terus bekerja keras, dan siswa dengan cara belajar dengan giat agar Indonesia siap menyongsong revolusi industry 4.0 era digital technology.

Pada kesempatan yang berbagahia ini juga Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan boleh merasa berbangga atas dedikasi Guru-guru  PGRI Cabang Sungai Tebelian yang mana mendapatkan prestasi-prestasi yang membanggakan diantaranya:
1. Bapak M. Saifudin, S.Pd, M.Pd Guru Teknik Mesin SMKN 1 Sintang yang merupakan Guru Berprestasi Nasional tahun 2018 untuk SMK yang mendapatkan Bintang emas oleh Kepala Sekolah SMKN 1 Sintang Ibu Maria Victori, S.Pd, M.Pd yang setiap tahun konsisten memberikan Bintang emas kepada rekan-rekan gurunya yang berdedikasi.
2. Ibu Rufina Sekunda, S.Pd, Duta Rumah Belajar Provinsi Kalimantan Barat 2018 yang merupakan guru Bahasa Inggris di SMPN 3 Sungai Tebelian
3. 5 Guru Purna tugas atau pensiun pada tahun 2018 ini juga mendapat appresiasi dari Kepala dinas Pendidikan dan Kebudayaan yang diberikan plakat kenang-kenangan dari oleh PGRI Cabang Sungai Tebelian.

Tentu saja hal ini selaras dengan pesan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Muhadjir Effendy yang menyebutkan para guru di seluruh Indonesia atau di mana saja berada untuk terus meningkatkan kerja, pengabdian kepada nusa dan bangsa ini demi menyiapkan masa depan Indonesia yang lebih maju melalui generasi-generasi muda yang ada di tanah air.

Selamat Hari Guru Nasional.