Terima Penghargaan dari Menpan, Kapolda Kalbar Apresiasi Polresta Pontianak dan Polres Singkawang

Iklan Semua Halaman

Betang Raya Post - Suluh Perjuangan Rakyat Kalimantan

Terima Penghargaan dari Menpan, Kapolda Kalbar Apresiasi Polresta Pontianak dan Polres Singkawang

PONTIANAK - Kapolda Kalbar, Irjen Pol Didi Haryono berikan apresiasi kepada Polresta Pontianak dan Polres Singkawang yang mendapatkan penghargaan dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (Menpan RB) pada Senin (10/12) lalu di Hotel Sultan, Jakarta.

Polresta Pontianak mendapatkan award penganugrahan zona integritas Wilayah Bebas Korupsi (WBK), sedangkan Polres Singkawang mendapatkan award penganugrahan zona integritas Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM).

"Polresta Pontianak dan Polres Singkawang kemarin mendapatkan anugerah penghargaan Zona Integritas dalam pelayanan publik," ujar Kapolda Kalbar disela-sela rapat Anev Kinerja Bulanan, Kamis (13/12).

Kapolda Kalbar, Irjen Pol Didi Haryono menjelaskan, ada tiga komponen yang dinilai dalam hal ini. Pertama pelaksana itu sendiri (Polresta Pontianak dan Polres Singkawang), atasan langsung, dan dari masyarakat.

"Ini tentunya melihat dari tiga komponen. Pertama pelaksana itu sendiri dalam hal ini adalah Polresta Pontianak dan Polres Singkawang, kedua tentunya dari atasan langsungnya yang memberikan pengawasan-pengawasan, dan yang ketiga adalah dari masyarakatnya," jelas Didi Haryono.

"Karena bagaimanapun juga pelayanan publik ini adalah untuk masyarakat yang dilayani," tambahnya.

Didi Haryono mengatakan, saat ini masyarakat sudah melek dengan aspek pelayanan publik, seperti apa yang harus diberikan kepada masyarakat dan bagaimana seharusnya yang diterima masyarakat.

"Masyarakat juga sudah melek dengan aspek pelayanan publik, yang bagaimana yang harus diberikan dan bagaimana yang harus diterima, terutama dalam SIM dan SKCK," imbuh Kapolda Kalbar.

Disamping itu, Didi Haryono mengaku, bahwa ia tidak menyadari bahwa Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (Menpan RB) melakukan pengawasan dan penilaian terhadap wilayah hukum Polda Kalbar.

"Tanpa disadari oleh kita kita semua, kita melaksanakan sebagaimana yang sudah semestinya ternyata ada pengawasan pengawasan dari Kemenpan," ujarnya.

"Dari penilaian pengawasan tersebut dua satuan wilayah satu dinilai sangat baik, yang satu dinilai baik. Sangat baik itu adalah Polres Singkawang dan yang baik adalah Polresta Pontianak," tambah Kapolda Kalbar.

Kapolda Kalbar mengatakan, penghargaan ini akan berimplikasi pada kesejahteraan personel dan tidak menutup kemungkinan penghargaan ini sewaktu-waktu dapat dicabut jika dalam pelaksanaannya ditemukan hal-hal yang merusak perdikat yang telah diperoleh.

"Ini wujud reward dari pimpinan kepada satuan pelaksana yang benar-benar menerapkan konsep pelayanan publik," ujarnya.

"Predikat tersebut akan dievaluasi, kalau ternyata dalam pelaksanaannya ada hal-hal yang dapat menggangu atau merusak predikat yang diperoleh kemungkinan besar cabut. Makanya harus benar-benar Komitmen dan Konsisten," tutupnya.