Ini Pesan Wabup Sanggau Yohanes Ontot, Ayo Baca

Iklan Semua Halaman

Betang Raya Post - Suluh Perjuangan Rakyat Kalimantan

Ini Pesan Wabup Sanggau Yohanes Ontot, Ayo Baca

Sumber Humas Pemkab Sanggau

SANGGAU - Wakil Bupati Sanggau Yohanes Ontot menyebutkan peningkatan trend dalam menggunakan anak-anak untuk terlibat dalam tindak pidana narkoba ini berbanding terbalik dengan Kabupaten Sanggau yang telah ditetapkan sebagai Kota Layak Anak. Wabup menegaskan, satuan-satuan pendidikan mau tak mau harus berperan.

Maka dari itu, Wabup sangat senang dengan program ‘Jaksa Masuk Sekolah’ yang dilakukan Kejari Sanggau. Diharapkan seluruh siswa di tiap satuan pendidikan mengetahui akibat fatal jika main-main dengan narkoba.

“Bagaimana anak-anak ini bisa kita amankan dan tidak dipengaruhi hal-hal yang negatif terutama yang berkaitan dengan narkoba. Ini juga tantangan bagi pemerintah daerah,” kata, Wabup ketika menghadiri acara Pemusnahan Barang Bukti dari 129 perkara di halaman Kejaksaan Negeri Sanggau, Rabu (2/9/2020).

Wabup tak membantah salah satu penyebab orang tergiur menjual narkoba lantaran kondisi ekonomi yang melemah, apa lagi ditengah pandemic saat ini. Namun dengan tegas Wabup menyebutkan, itu bukanlah solusi yang tepat. Wakil Bupati Sanggau pun selalu mengingatkan masyarakat agar tidak terjerumus pada kasus narkoba.

“Bagaimana dia bisa dapat duit cepat dan banyak. Ekonomi oke, tapi bukan yang kuat. Makanya orang-orang itu memanfaatkan orang yang ekonomi rendah. Padahal mereka orang-orang yang mapan. Kalau saya dalam setiap kunjungan ke daerah-daerah saya ingatkan. Pemakai narkoba ini, mati sebelum mati! Orang sudah tidak bisa dipakai lagi. Kita agak ekstrem sedikit menjelaskannya. Bahwa memang itu bahaya, bukan main-main!", kata Wabup.

Masyarakat, khususnya para orangtua pun diminta untuk berhati-hati dalam mendidik anaknya. Pendidikan yang baik harus diberikan orangtua pada anaknya.

“Bukan malah memperalat anaknya untuk dijadikan kurir narkoba. Saya sependapat untuk dihukum seberat-beratnya kepada orangtuanya,” kata Wabup Sanggau.