Pastikan Otopsi Lancar, Warga Dusun Sei Sepan Gelar Ritual Adat

Iklan Semua Halaman

Betang Raya Post - Suluh Perjuangan Rakyat Kalimantan

Pastikan Otopsi Lancar, Warga Dusun Sei Sepan Gelar Ritual Adat

Foto: Kasatreskrim Polres Sanggau AKP Yafet E Patabang di lokasi kegiatan otopsi.

Oleh: Firmus

SEKAYAM - Kapolres Sanggau AKBP Raymond Marcellino Masengi, S.IK. MH melalui Kasatreskrim Polres Sanggau AKP Yafet E Patabang, SH. S.IK mengatakan pada hari Selasa 29 September 2020 tim penyidik gabungan Polsek Sekayam dan Sat Reskrim Polres Sanggau melaksanakan kegiatan Autopsi terhadap korban 170 yang dilaksanakan oleh Dokter Forensik Biddokkes Polda Kalbar di Dusun Sei Sepan Desa Malenggang, Kecamatan Sekayam, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat.

Tim Otopsi di Ketuai oleh dr. Monang S ,Sp.For tiba di Polsek Sekayam sekira jam 07.00 wib dan langsung melakukan koordinasi dan konsolidasi terkait pelaksanaan giat penggalian makam dan otopsi.

Jam 09.00 Wib Tim Otopsi beserta Penyidik dan personil pengamanan tiba di lokasi makam yang sebelumnya telah di laksanakan ritual adat sebagai bentuk penghormatan terhadap arwah jenazah.

"Sekira jam 09.15 wib dilaksanakan kegiatan penggalian makam dan langsung dilaksanakan giat otopsi,"ungkap AKP Yafet E Patabang, SH. S.IK.

Kegiatan selesai sekira jam 12.30 wib kemudian rombongan kembali ke Mako Polsek Sekayam untuk melakukan konsolidasi akhir.

Tim Otopsi menyampaikan telah  menemukan beberapa hal yang nantinya akan menjadi catatan yang akan dituangkan dalam Hasil Visum ET Repertum.

Adapun Kronologi peristiwa, Kamis tanggal 17 September 2020 telah terjadi TP.

Secara bersama  sama melakukan kekerasan terhadap  orang menyebabkan mati dengan korban Heribertus Yansen.

Rencana kegiatan yang akan dilaksanakan Melakukan Rekonstruksi perkara. Melengkapi admin untuk Tahap I dan Tahap II.

Ditempat terpisah, Kepala Dusun Sei Sepan, Junaidi menyambut baik kegiatan otopsi.

"Terimakasih kepada pihak kepolisian yang sudah menjalankan tugas dengan baik,"ucap Junaidi.

Warga Dusun Sei Sepan juga melakukan ritual adat guna kelancaran otopsi.
Humas DAD Kabupaten Sanggau Firmus foto bersama Kadus, Ketua adat dan tokoh masyarakat serta juru kunci tempat keramat panca, lokasi tempat ritual agar otopsi lancar dan aman.