Urbanus: PMI Sanggau Selalu Siap Melayani Masyarakat

Iklan Semua Halaman

Betang Raya Post - Suluh Perjuangan Rakyat Kalimantan

Urbanus: PMI Sanggau Selalu Siap Melayani Masyarakat

Laporan Agustinus Andi

SANGGAU - Palang Merah Indobesia Kabupaten Sanggau meneima kunjungan dari Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sanggau, Ginting. Rabu ( 9/9/2020 )

Kedatangan Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sanggau di PMI disambut baik oleh sekretaris PMI Kabupaten Sanggau, Urbanus dan didamping oleh Kristina Saragih AP.TTD, Selaku Tenaga UTD PMI Sanggau

Hari ini kami berkunjung ke PMI ditengah-tengah pandemi Covid-19 tentu saja dengan tujuan untuk meningkatkan kapasitas UDD yang dikelola PMI, Supaya nanti kalau pasien atau masyarakat yang membutuhkan darah bisa terjamin dari segi jumlah maupun kualitasnya," katanya, Plt Dinkes Ginting.

Hari ini kita meninjau secara lansung kesiapan UDD PMI Kabupaten Sanggau baik itu Kapasitas UDD dari segi SDM, sarana prasarana dan juga bangunan fisik. Oleh karena itu, langkah-langkah kedepannya perlu kita dilaksanakan secara bertahap.

"Tadi sudah kami lihat alat-alat kesehatan yang ada secara khusus untuk penyimpanan darah atau Blood Bank itu masih kurang, dan usianya juga. Oleh karena itu kedepannya perlu kita lakukan regenerasi ataupun pengadaan baru, supaya darah yang disimpan disini bisa terjamin kualitasnya," ujarnya.

"Begitu juga dengan beberapa alat pengolahan yang juga masih kurang. Tadi ada mikroskop, Nanti kita laksanakan perbaikan, kita tingkatkan kapasitasnya secara bertahap. Karena salah satu yang harus diperhatikan di masa-masa pandemi ini adalah pelayanan kesehatan," tambahnya.

Pelayanan darah ini, lanjutanya, merupakan salah satu bagian pelayanan kesehatan, adalah kewajiban pemerintah untuk menyiapkan darah bagi masyarakatnya dalam jumlah dan jenis yang cukup.

"Semoga nanti akses untuk mendapatkan darah bisa lebih maksimal lagi dan lebih baik," tuturnya.

Sekarang ini, lanjut Ginting kita punya anggaran dari Dana Intensif Daerah (DID) yang akan dialokasikan melalui anggaran BTT. Dari anggaran itu digunakan untuk pembelian beberapa alat kesehatan di laboratorium UDD PMI Sanggau.

"Nanti kita lihat spesifikasinya, tadi informasinya kapasitasnya antara 500 sampai 1000. Nanti mungkin dua unit lah untuk Blood Bank yaitu satu untuk Darah yang sudah diolah dan satunya lagi untuk darah yang belum diolah," pungkasnya

Sekretaris PMI Kabupaten Sanggau
Urbanus menyambut baik bahwa pemerintah Kabupaten sanggau melalui Dinas Kesehatan yang sudah memperhatikan lembaga PMI Sanggau yang konsisten terhadap pelayanan kesehatan dan kemanusiaan terutama ditujukan dimasa pandemi Covid-19 ini, tentu Komitmen Pemerintah Kabupaten Sanggau melalui bupati agar pelayanan dibidang kesehatan dan kemanusiaan bisa berjalan dengan baik. Ungkap Urbanus

"Untuk itu dengan kedatangan Plt Dinkes Kabupaten Sanggau ke Markas PMI memastikan kesiapannya," jelasnya.

"Dengan dukungan peningkatan kapasitas dan pelayanan kemanusiaan dari pemerintah ini sesuai dengan tema HUT PMI ke-75 yaitu "Modernisasi Pelayanan Donor Darah". Mau tak mau kami juga harus siap," ujarnya.