Kompor Hemat Energi Satgas 407, Solusi Bagi Warga Perbatasan.

Iklan Semua Halaman

Betang Raya Post - Suluh Perjuangan Rakyat Kalimantan

Kompor Hemat Energi Satgas 407, Solusi Bagi Warga Perbatasan.

Sanggau, Selasa (6/10/2020) - Satgas Pamtas Yonif 407/Padma Kusuma, Pos Sei Mawang, mensosialisasikan kepada masyarakat membuat kompor hemat energi berbahan bakar Pertalite, guna meringankan beban masyarakat perbatasan RI-Malaysia Kalimantan Barat. Pada Minggu (4/10) kamarin. Bertempat di balai pertemuan Desa Sungai Mawang, Kecamatan Kapuas, Kabupaten Sanggau.

Hal tersebut merupakan inisiatif Danpos Sei Mawang I, Letda Kav Sutardi yang selanjutnya disosialisasikan dengan mengajarkan kepada masyarakat cara membuat kompor hemat energi bertenaga bahan bakar Pertalite. Setara antara satu liter Pertalite dengan dua sampai tiga tabung gas berukuran 3 kilogram.

Letda Kav Sutardi, selaku Danpos Sei Mawang I, menjelaskan kompor hemat energi tersebut sebagai alternatif bagi warga di perbatasan karena dengan modal minim dapat dijadikan sebagai kompor. Adapun bahan yang disediakan diantarannya kompor gas kecil, selang, water pump, toples, lem, selang dengan ukuran 10 mm dan gunting.

Letda Sutardi melanjutkan, sedangkan cara kerjanya, selang berukuran 10 mm dimasukkan kedalam toples yang sebelumnya sudah diisi bahan bakar Pertalite. Selanjutnya, water pump dihubungkan ke listrik dan kemudian ke kompor. Pertalite yang dipompa tersebut menghasilkan gas kemudian disalurkan ke kompor.

"Satu liter Pertalite setara dengan dua tabung berukuran 3 Kg. Artinya satu liter BBM pertalite tidak habis, karena yang digunakan adalah gas dari bahan bakar tersebut," terang Danpos Sei Mawang I.

Sementara itu, Dansatgas Pamtas Yonif 407/PK, Letkol Inf Catur Irawan, S.I.P., M.I.P., ditempat terpisah di Pos Kotis Kapuas Hulu mengatakan, dengan ide yang digagas personel Pos Sei Mawang I, Letda Kav Sutardi dalam pembuatan kompor hemat energi. Sehingga dapat membantu kesulitan masyarakat, terutama di tengah Pandemi Covid-19 sebagai kebutuhan sehari-hari di dapur.

Diharapkan juga, menjadi solusi alternatif bermanfaat bagi warga di daerah perbatasan, dan nantinya bisa merawat dengan baik, sehingga masa pakainya panjang," harapnya.

Sementara itu, Bapak Jeblin (51) selaku Kades Sungai Mawang mengucapkan terimakasih kepada anggota Satgas Yonif 407/PK yang telah memberikan ilmu dengan mengajarkan warganya bagaimana cara membuat kompor hemat bahan bakar.

"Terimakasih atas kepedulian bapak TNI, ini merupakan solusi bagi kami ditengah pandemi Covid-19. Semoga bisa bermanfaat untuk warga masyarakat yang ada disini," tuturnya. (Pendam XII/Tpr)