Sampaikan KUA - PPAS APBD 2021, PH Fokus Penguatan Ekonomi.

Iklan Semua Halaman

Betang Raya Post - Suluh Perjuangan Rakyat Kalimantan

Sampaikan KUA - PPAS APBD 2021, PH Fokus Penguatan Ekonomi.


Foto: Bupati Paolus Hadi Menyerahkan Nota Pengantar KUA - PPAS APBD Tahun Anggaran 2021 Kepada Ketua DPRD Jumadi, Senin (19/10).

Laporan Wartawan: A. Ind

SANGGAU - Bupati Sanggau Paolus Hadi menyampaikan nota pengantar Kebijakan Umum APBD dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) Tahun Anggaran 2021, Senin (19/10). KUA - PPAS tersebut disampaikannya dalam rapat paripurna ke-25 masa persidangan ke - 1 tahun sidang 2020 - 2021 DPRD Kabupaten Sanggau yang berlangsung di lantai tiga gedung DPRD Sanggau.


Rapat yang dipimpin Ketua DPRD Jumadi didampingi dua unsur pimpinan lainnya Timotius Yance dan Acam itu juga dihadiri Sekda Sanggau Kukuh Triyatmaka, jajaran Forkompimda, pihak perbangkan, Anggota DPRD dan pimpinan SKPD di lingkungan Pemkab Sanggau.


Ditemui wartawan usai mengikuti rapat paripurna, Bupati Paolus Hadi mengatakan, tahun anggaran 2021, pihaknya memfokuskan pada penguatan ekonomi. 

"Di RPJMD kita tahun 2021 itu masih bicara penguatan ekonomi, juga soal IPM, pendidikan, kesehatan dan infrastruktur. Jadi arah dan prioritas pembangunan kita ke sana," ujar PH sapaan akrab Bupati Paolus Hadi.


PH menjelaskan, berdasarkan target RPJMD, kebutuhan Anggaran Pemkab Sanggau sangatlah besar, namun dikarenakan secara nasional terjadi pengurangan Anggaran, oleh karenanya akan ada evaluasi RPJMD.

"Tapi dengan anggaran yang kita punya dari pendapatan yang diperkirakan Rp 1,5 trilyun lebih, akan kita bagikan dengan benar untuk kita belanjakan yang pada akhirnya memaksa kita untuk devisit. Devisit inilah nanti yang menambahkan lagi jumlah belanja kita. Kita berharap Silpa 2020 ini mampu menutupi devisit itu," harap PH.


Untuk program peningkatan ekonomi di tahun depan, lanjut PH adalah dengan memperkuat UMKM di Sanggau.

"Tentu kita tidak bisa bekerja sendiri dengan tidak hanya menghandalkan APBD saja, tapi juga dengan memanfaatkan dana lain termasuk perbangkan yang memberikan peluang cukup besar untuk UMKM kita dengan berbagai bantuannya," pungkas PH.