Pelaku Usaha dan Penggerak Kuliner Ikuti Pelatihan Bakery

Iklan Semua Halaman

Betang Raya Post - Suluh Perjuangan Rakyat Kalimantan

Pelaku Usaha dan Penggerak Kuliner Ikuti Pelatihan Bakery


SANGGAU – Wakil Bupati Sanggau, Drs. Yohanes Ontot, M.Si membuka secara resmi kegiatan pelatihan bakery bagi pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif di Kabupaten Sanggau. Kegiatan diselenggarakan oleh Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Sanggau, yang dilaksanakan di Neji One Cafe Kecamatan Sekayam, Kamis (12/11/2020).

Hadir dalam kesempatan tersebut Plt. Kepala Dinas Porapar Kabupaten Sanggau, Rizma Aminin, Para Kepala OPD atau pejabat yang mewakili, Wiga Aprilia selaku Owner dari Wiga Host Cake Pontianak sekaligus selaku narasumber, Camat Sekayam, Forkompimcam dan para peserta yang mengikuti pelatihan.

Usai membuka kegiatan pelatihan tersebut, ketika diwawancarai Wakil Bupati Sanggau Yohanes Ontot menyampaikan pada kesempatan tersebut dilaksanakan pelatihan bakery dalam rangka kita mendorong ekonomi kreatif untuk masyarakat Kabupaten Sanggau, khususnya beberapa wilayah kecamatan yang kita undang.

“Yang kita undang ada lima kecamatan, diantaranya; Sekayam, Beduai, Kembayan, Entikong dan Kapuas. Nah, tentu program ini sesuai dengan arahan pemerintah pusat dalam rangka bagaimana kita menghadirkan ekonomi kreatif ini sebagai kekuatan utama untuk mendorong peningkatan ekonomi kita di masa-masa pandemi ini,” jelas Wabup Sanggau, Yohanes Ontot.

Oleh karena itu, lanjut Wabup Yohanes Ontot maka nanti memang tidak bisa berdiri sendiri, tentu bekerjasama dengan berbagai OPD terkait.

“Terutama di Dinas Kominfo, karena hasil inikan tidak bisa juga kalau tidak di promosikan. Sehingga kita berharap nanti kerjasama antara Dinas Porapar ini dengan Dinas Kominfo untuk dapat mempromosikan sehingga produk kita tersampaikan ke khalayak ramai,” ujarnya.

Wabup, Yohanes Ontot juga sampaikan terkait kerajinan, makanan khas dan pesanan apa saja sekarang sudah melalui online.

“Kita berharap dari hasil pelatihan ini tentu akan juga menambah ekonomi masyarakat dan keluarga, serta mendorong kekuatan ekonomi yang saat ini sedang kita hadapi,” harapnya.



Dalam kesempatan yang sama Wiga Aprilia selaku Owner dari Wiga Host Cake Pontianak menyampaikan dirinya pada kesempatan tersebut diminta untuk menjadi narasumber oleh Dinas Porapar Kabupaten Sanggau untuk pelatihan kepada pengusaha-pengusaha dan penggerak kuliner di Kabupaten Sanggau.

“Materi yang saya sampaikan nanti, mengingat di Kabupaten Sanggau ini banyak komoditas ataupun bahan-bahan lokal; seperti ubi, pisang dan lainnya. Nah, saya lebih mengolah dan fokusnya bahan lokal. Jadi nanti ada roti dimana roti bahan dasarnya memang dari tepung dan kita akan campur dan mix dengan ubi jalar kalau yang selama ini mungkin kita dengar dengan donat kentang. Nah, kentangnya akan kita ubah menggunakan ubi jalar dan itu rasanya akan lebih enak, bahan-bahannya juga khas dari Kabupaten Sanggau,” jelas Wiga Aprilia selaku Owner dari Wiga Host Cake Pontianak.

Ia juga berharap kepada seluruh peserta pelatihan dapat menyerapkan apa yang dirinya bagikan ilmunya pada pelatihan tersebut.

“Apabila nanti ada yang ingin bertanya atau kurang jelas, saya siap untuk menjawab. Karena untuk meningkatkan juga yang dimana sekarang dimasa pandemi ini semua aspek dan elemen ekonomi terkena imbas. Sehingga dengan adanya pelatihan ini saya harapkan semua aspek ekonomi khususnya pelaku usaha kuliner bisa beranjak naik lagi dan ekonomi kita bisa bergerak dan kembali normal. Dengan adanya pelatihan ini saya harapkan untuk teman-teman dari peserta ini bisa menyerap dan nanti bisa diaplikasikan di kehidupan sehari-hari, supaya taraf ekonomi bisa lebih baik,” harapnya.

Penulis : Alfian