SERENTAK: Pemuda Pancasila Sanggau Apel Konsolidasi dan Kesiapsiagaan Batingsor

Iklan Semua Halaman

Betang Raya Post - Suluh Perjuangan Rakyat Kalimantan

SERENTAK: Pemuda Pancasila Sanggau Apel Konsolidasi dan Kesiapsiagaan Batingsor

 


KEMBAYAN - Ketua Pimpinan Anak Cabang (PAC) Pemuda Pancasila Kecamatan Kembayan Kamal melalui Sekretaris Aris Setiawan mengatakan pada hari Jum'at tanggal 13 November 2020 sekira jam.08.00 wib hingga selesai jajarannya di Polsek Kembayan melaksanakan kegiatan Apel Konsolidasi dan Kesiapsiagaan Batingsor (Banjir, Puting Beliung dan Tanah Longsor) di Halaman Mapolsek Kembayan.



Apel dipimpin Camat Kembayan Drs. Inosensius Nono dan membacakan amanat Bupati Sanggau serta amanat tambahan sesuai keadaan geografis Kecamatan Kembayan.



Kegiatan apel tersebut dihadiri kurang lebih 30 orang, yaitu Kapolsek Kembayan Iptu MR. Pardosi, S.H. Camat Kecamatan Kembayan Drs. Inosensius Nono. Batuud Sertu Paul Santosa mewakili Danramil 1204-04/Kembayan. Kepala Puskesmas Kembayan Rosalina Mujabella, A.Md. KG. Anggota Polsek Kembayan. Anggota Koramil 1204-04/Kembayan. BPAK (Badan Pemadam Api Kembayan). Plt. Kasi Trantib Kembayan Wilin Ikhwanur. Sekretaris Ormas Pemuda Pancasila Aris Setiawan.


Selesai apel dilaksanakan pengecekan sarana prasarana yaitu Ranmor R.4 Dinas Polsek Kembayan. Ranmor R.4 Dinas (Ambulance) Puskesmas Kembayan. Ranmor R.4 Dinas BPAK. Ranmor R.2 Dinas Polsek Kembayan. Ranmor R.2 Dinas Koramil 1204-04/Kembayan. Alat angkut dorong / Argo dan kelengkapan berupa cangkul, gergaji serta parang.


Ditempat yang sama, Kapolsek Kembayan IPTU MR Pardosi menerangkan, kegiatan apel konsolidasi sebagaimana tersebut diatas dilaksanakan dalam rangka persiapan dan kesiapan penanggulangan Batingsor di Kecamatan Kembayan, berdasarkan analisis BMKG bulan Oktober - November - Desember 2020 akan terjadi akumulasi curah hujan yang tinggi akibat La Lina.


Bahwa Pemerintah Kecamatan Kembayan, Polsek Kembayan dan Koramil 1204-04/Kembayan serta instansi terkait lainnya siap personil berikut peralatan yang ada dalam menanggulangi terjadinya batingsor.


Langkah yang diambil melaksanakan Apel Konsolidasi dan Kesiapsiagaan Batingsor (Banjir, Puting Beliung dan Tanah Longsor) di Halaman Mapolsek Kembayan.


Melaksanakan koordinasi dengan seluruh instansi terkait dalam penanggulangan apabila terjadi batingsor di wilayah Kec. Kembayan.


Prediksi Sinergitas Instansi terkait dan masyarakat di Kecamatan Kembayan maka dalam penanggulangan apabila terjadi batingsor akan dapat dilaksanakan dengan baik dan maksimal, sehingga dapat meminimalisir jumlah korban (korban jiwa maupun material).


Terkait penanggulangan batingsor agar seluruh instansi dan masyarakat dapat bekerjasama serta tetap menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran covid-19.


Kegiatan dilaksanakan dengan baik serta situasi kamtibmas secara umum dalam keadaan aman.



Ditempat terpisah, informasi yang dihimpun media ini, apel Batingsor ini dilaksanakan serentak di wilayah Kabupaten Sanggau.


Di Kecamatan Kapuas apel Batingsor dihadiri langsung oleh Ketua MPC Pemuda Pancasila Kabupaten Sanggau Suherman dan jajaran pengurus.


Di Kecamatan Sekayam di hadiri oleh Ketua PAC Leonardo dan anggota. 


Begitu juga di kecamatan lainnya, semua berjalan lancar dengan menerapkan protokol kesehatan pemerintah.

Sementara itu Koordinator Wilayah II Perbatasan MPC Pemuda Pancasila Kabupaten Sanggau Firmus menyambut baik kegiatan ini. Kerjasama semua pihak harus di bangun. 

"Intinya kita siap mendukung pemerintah dalam rangka Membangun daerah ini,"tegas Firmus.