Antara Vaksin dan Pemulihan Ekonomi

Iklan Semua Halaman

Betang Raya Post - Suluh Perjuangan Rakyat Kalimantan

Antara Vaksin dan Pemulihan Ekonomi


Foto: Webinar Vaksin Aman, Masyarakat Sehat. Kadis Kominfo Sanggau: Kami Siapkan Strategi Komunikasi Kepada Masyarakat.

SANGGAU - Dilaksanakannya webinar oleh Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), dengan tema Vaksin Aman, Masyarakat Sehat, Jum’at (4/12/2020).

Hadir pada webinar tersebut Kepala Dinas Kominfo Kab. Sanggau, Joni Irwanto, Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kab. Sanggau, Ginting, Sekretaris Diskominfo Kab. Sanggau, Ade Wawan Januardi, OPD se-Kab. Sanggau serta Camat se-Kab. Sanggau.

Pada kesempatan tersebut Joni Irwanto selaku pembicara, terkait masuknya vaksin ke Indonesia khususnya Kabupaten Sanggau menjelaskan beberapa hal terkait Strategi Komunikasi yang akan di sampaikan kepada masyarakat terkait vaksin yang akan diberikan kepada seluruh masyarakat Kab. Sanggau.

“Ada beberapa tantangan yang tentunya akan kita alami Ketika vaksin ini akan kita sampaikan kepada masyarakat. Vaksin ini bisa kita sebut dengan sebuah produk pemerintah yang tentunya tidak serta merta bisa langsung di terima oleh masyarakat atau public. Ada beberapa benturan kepentingan, sertifikasi kehalalan, ketidakpastian, keragu-raguan, maupun kematangan produk atau kualitas dan resiko vaksin itu sendiri,”  Ujarnya.

“Selain itu juga tentu masyarakat ingin tahu bagaimana proses dari awal vaksin itu ada. Artinya kami selaku Pemkab Sanggau tidak menutup nutupi informasi-informasi terkait vaksin tersbut, kita harus transparan kepada masyarakat, untuk meyakinkan masyarakat, sehingga dari situlah mereka dapat mengambil kesimpulan bahwa vaksin tersebut benar-benar memberikan rasa aman kepada mereka,” Sambungnya.

Kemudian beliau juga menegaskan, bahwa Diskominfo Kab. Sanggau akan tetap mengawal/memfilter informasi-informasi yang masuk kepada masyarakat terutama di media sosial, agar terhindar dari berita hoax terkait vaksinasi ini.

“Belum lagi, sebelum vaksin ini ada dan akan diberikan kepada yang membutuhkan, pastinya terdapat berita-berita yang tidak benar/hoax terkait tersebut. Maka dari itu Kami selaku Diskominfo kabupaten sanggau tetap terus mengawal informasi-informasi yang ada sehingga Ketika masuk ke telinga masyarakat bisa dipastikan informasi terkait vaksin itu adalah benar,” Tegasnya.

Di akhir paparan nya, beliau juga mengingatkan bahwa Ketika Vaksin ini nantinya sudah masuk di Kab. Sanggau, masyarakat tidak serta merta melupakan 3 M, yaitu Menggunakan masker, Menjaga jarak dan Menghindari kerumunan.