Berhasil Bangun Kepercayaan, Satgas Yonif 407 Terima Senjata dari Warga Perbatasan

Iklan Semua Halaman

Betang Raya Post - Suluh Perjuangan Rakyat Kalimantan

Berhasil Bangun Kepercayaan, Satgas Yonif 407 Terima Senjata dari Warga Perbatasan



Kapuas Hulu, Rabu (16/12/20) - Berhasil membangun kepercayaan masyarakat di perbatasan, Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 407/Padma Kusuma, kembali menerima satu pucuk senjata api rakitan laras panjang dari warga Dusun Kapar, Desa Sungai Senunuk, Batang Lupar, Kapuas Hulu.


Senpi rakitan tersebut diserahkan saudara Telajan (47) secara suka rela kepada Satgas Yonif 407/PK Pos Pamtas Kapar. Telajan merasa percaya dengan TNI yang mampu memberikan perlindungan kepada masyarakat perbatasan.


Dansatgas Pamtas Yonif 407/PK Letkol Inf Catur Irawan mengatakan penyerahan secara sukarela senjata jenis penabur tersebut, sebagai bukti kedekatan anggota Satgas dengan masyarakat sehingga terbangun kepercayaan di tengah kedua pihak. Ini merupakan hasil dari kegiatan teritorial yang setiap hari gencar dilakukan Satgas Yonif 407/PK.


"Kami akan terus berusaha memelihara kepercayaan yang telah diberikan masyarakat, dan akan berbuat yang terbaik untuk negara serta membantu kesulitan masyarakat di perbatasan," ungkap Letkol Inf Catur Irawan melalui rilisnya di Pos Kotis Nanga Badau.


Sedangkan Telajan menyampaikan alasannya menyerahkan senjata api rakitan miliknya kepada Satgas Yonif 407/PK karena selama ini mereka telah tulus menjaga serta membantu kesulitan masyarakat di perbatasan.


Telajan mengungkapkan, dirinya merasa tidak nyaman dengan adanya senjata rakitan jenis Penabur tersebut karena sewaktu-waktu dapat membahayakan diri, keluarga serta orang lain.


"Saya merasa tidak nyaman menyimpan senjata ini dan saya percaya bahwa kondisi perbatasan sekarang sudah aman dengan adanya TNI sehingga tidak perlu lagi menyimpan senjata ini," ungkap Telajan.


Sementara itu, Danpos Kapar, Sertu Supriyanto juga mengucapkan terimakasih atas kepercayaan yang diberikan masyarakat khususnya saudara Telajan kepadanya dan anggota Pos Kapar Satgas Pamtas Yonif 407/Padmakusuma.


"Kami merasa terhormat atas kepercayaan masyarakat kepada Satgas Pamtas, semoga hubungan baik ini dapat terjaga dan semakin kuat lagi," ujar Sertu Supriyanto. (Pendam XII/Tpr)