Cornelis Sebut Mina Padi Dengan Sistim Tanam Jajar Legowo

Iklan Semua Halaman

Betang Raya Post - Suluh Perjuangan Rakyat Kalimantan

Cornelis Sebut Mina Padi Dengan Sistim Tanam Jajar Legowo


Foto: Anggota Komisi II DPR RI Drs Cornelis MH di sawah miliknya di Takiukng Desa Sidas Kecamatan Sengah Temila Kabupaten Landak Provinsi Kalimantan Barat


Oleh: Firmus


LANDAK - Anggota Komisi II DPR RI. Drs Cornelis, MH menyebutkan salah satu optimalisasi potensi lahan sawah irigasi dan peningkatan pendapatan petani adalah dengan merekayasa lahan dengan teknologi tepat guna. 



Ini disampaikan Cornelis ditemui media ini disela - sela meninjau sawah miliknya di Takiukng Desa Sidas Kecamatan Sengah Temila Kabupaten Landak Provinsi Kalimantan Barat, Rabu (3/3/2021).


Hidup sudah berkecukupan, Cornelis tidak malu bertani, karena ia menyatakan pekerjaan petani padi itu mulia.



Supaya berhasil, Cornelis menyebutkan cara yang dapat dilakukan yaitu dengan mengubah strategi pertanian dari sistem monokultur ke sistem diversifikasi pertanian, salah satunya adalah dengan menerapkan teknologi budidaya Mina Padi dengan sistim tanam jajarlegowo. 


Dengan adanya pemeliharaan ikan di persawahan selain dapat meningkatkan keragaan hasil pertanian dan pendapatan petani juga dapat meningkatkan kesuburan tanah dan air juga dapat mengurangi hama penyakit pada tanaman padi.