Panen Padi di Lahan Sendiri, Cornelis : Saya Langsung Memberikan Contoh

Iklan Semua Halaman

Betang Raya Post - Suluh Perjuangan Rakyat Kalimantan

Panen Padi di Lahan Sendiri, Cornelis : Saya Langsung Memberikan Contoh



LANDAK - Anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan Daerah Pemilihan Kalimantan Barat 1 Drs. Cornelis, MH terus memotivas masyarakat menanam tanaman pangan terutama padi, demi menjaga ketahanan pangan Indonesia yang sesuai instruksi Presiden RI Joko Widodo dan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri agar masyarakat Indonesia tidak berkekurangan cadangan makanan pangan, minimal bisa mencukupi lingkungan keluarga.


Hal ini disampikan langsung Drs. Cornelis, MH Anggota Komisi II DPR RI Fraksi PDI Perjuangan pada saat panen padi hari kedua di lahan miliknya sendiri, di takiung, Desa Sidas Kecamatan Sengah Temila, Minggu (14/03/21).


Cornelis juga mengatakan untuk memotivasi masyarakat menanam tanaman pangan, dirinya harus melaksanakan hal tersebut terlebih dahulu. Jika tidak terkadang apa yang disampikan tidak akan diterima langsung oleh masyarakat.


"Masyarakat sekarang tidak akan menerima langsung apa yang Kita sampikan, jika Kita tidak melaksanakan hal tersebut terlebih dahulu. Maka dari itu demi memotivasi masyarakat agar mau menanam tanaman pangan, saya langsung memberikan contoh dengan menanam tanaman pangan terutama padi di takiung ini," tukas Cornelis.


Ia juga mengatakan selain menanam padi, dirinya juga menanam tanaman pangan lainya seperti singkong, ketela dan jagung untuk memenuhi ketersediaan pangan.


"Saya menanam bermacam-macam tanaman pangan seperti padi, singkong, ketela, jagung dan tanaman pangan lainya. Selain untuk dikonsumsi sendiri, hasil pangan tersebut juga bisa dipasarkan dan ini sangat bisa diikuti oleh masyarakat," Katanya.


Anggota Komisi II DPR RI juga menyampikan bahwa padi yang dipanen sekarang ini adalah calon benih padi unggul varietas Mekongga yang kedepanya akan digunakan masyarakat atau para petani di Kalimantan Barat terkhusus Kabupaten Landak untuk ditanam kembali.


"Hal ini saya lakukan demi ketersediaan benih padi unggul untuk masyarakat atau para petani. Karena keberhasilan utama dalam usaha pertanian adalah benih padi yang unggul dan bersertifikat, agar petani dapat menghasilkan pangan yang layak dan petani tersebut mendapatkan keuntungannya diusaha pertanian," Tukas Cornelis.


Gubernur Ke-X Kalimantan Barat akan terus berusaha untuk mengembangkan benih padi unggul, agar masyarakat mudah mendapatkan benih yang bersertifikat. Selain itu, petani juga harus diajarkan untuk penangkaran benih padi unggul bersertifikat.


"Dengan adanya stok benih padi unggul di Kalimantan Barat terkusus Kabupaten Landak, Kita tidak perlu lagi untuk mendatangkan benih dari Luar, cukup menggunakan benih dari daerah kita sendiri apalagi jika Kita memiliki penangkaran benih padi unggul itu sangat memudahkan petani, Tutup Cornelis.