TBBR Kawal Petani Plasma MMB Wilayah Kembayan, Beduai dan Sekayam Tuntut Keadilan Kepada PT BKP

Iklan Semua Halaman

Betang Raya Post - Suluh Perjuangan Rakyat Kalimantan

TBBR Kawal Petani Plasma MMB Wilayah Kembayan, Beduai dan Sekayam Tuntut Keadilan Kepada PT BKP


Foto: Ketua Umum TBBR Agustinus potong buluh muda penyambutan cara adat Dayak memasuki rumah adat di Sebungkuh Kecamatan Kembayan mengawal petani plasma MMB menuntut keadilan kepada PT BKP. Dok Firmus


Oleh: Firmus


KEMBAYAN - Petani Plasma Wilayah Kecamatan Kembayan, Kecamatan Beduai dan Kecamatan Sekayam Kabupaten Sanggau Provinsi Kalimantan Barat menuntut keadilan ke PT BKP.



Perusahaan yang bergerak di bidang perkebunan kelapa sawit ini tidak serius mengurus petani plasma.


Tuntutan demi tuntutan sudah di sampaikan namun tidak ada kepastian jawaban dari perusahaan.



Merasa tidak direspon pihak PT BKP, hari ini Minggu tanggal 7 Maret 2021 petani plasma yang tergabung di Mitra Maju Bersama (MMB) meminta bantuan Tariu Borneo Bangkule Rajakng (TBBR) untuk mengawal menuntut kembali keadilan kepada PT BKP.



Pernyataan sikap pun di sampaikan secara langsung yang dilaksanakan di Rumah Panjang (romin bunuo) di Sebungkuh Desa Sebungkuh Kecamatan Kembayan Kabupaten Sanggau.


"Kita berharap ada keadilan dari perusahaan,"ucap Ketua DAD kecamatan Kembayan, Yoseph Andi.


Sementara itu hal yang sama disampaikan Ketua Mitra Maju Bersama (MMB) Yulius menuntut keadilan.


Bertahun tahun petani plasma menunggu jawaban dari perusahaan namun tidak ada kejelasan.


"Dengan adanya tuntutan ini kita berharap secepatnya ada jawaban dari pihak perusahaan dan kita juga berharap Pemerintah Daerah Kabupaten Sanggau membantu mediasi antara perusahaan dan petani plasma agar ada solusi yang baik,"tutur Yulius.


Ditempat terpisah, Ketua Umum TBBR Agustinus meminta perusahaan adil kepada petani plasma, serahkanlah hak petani kepada petani sesuai kesepakatan awal perusahaan masuk membuka kebun di lahan petani.


"Intinya kami mengawal tuntutan petani plasma agar PT BKP adil,"tegas Agustinus.


Pantauan media ini terlihat anggota Polres Sanggau dan Polsek Kembayan serta anggota TNI, Pol PP menjaga keamanan dan ketertiban selama kegiatan berlangsung.


Terlihat juga tenaga medis dari Puskesmas Kembayan memberikan pelayanan protokol kesehatan membagikan masker, mengukur suhu badan dan menyediakan cuci tangan.


Selama kegiatan menyampaikan tuntutan berjalan lancar aman dan terkendali.