Bupati Lantik 49 Orang Pejabat Fungsional di Lingkungan Pemkab Sanggau

Iklan Semua Halaman

Betang Raya Post - Suluh Perjuangan Rakyat Kalimantan

Bupati Lantik 49 Orang Pejabat Fungsional di Lingkungan Pemkab Sanggau



SANGGAU – Bupati Sanggau, Paolus Hadi melantik 49 orang pejabat fungsional di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sanggau, Jum'at 29 Oktober 2021.


Pelantikan dan pengucapan sumpah janji dilaksanakan di bertempat di Ruang Musyawarah Lantai I Kantor Bupati Sanggau.


Hadir Sekretaris Daerah Kabupaten Sanggau, Kukuh Triyatmaka, Kepala BKPSDM Kabupaten Sanggau, Herkulanus, Adapun yang hadir melalui virtual zoom meeting para Kepala OPD Kabupaten Sanggau, serta para Camat se Kabupaten Sanggau. 


Jabatan fungsional memiliki tugas dan fungsi yang berkaitan dengan pelayanan fungsional berdasarkan keahlian dan keterampilan yang dibuktikan dengan sertifikasi atau penilaian tertentu.


“Pejabat fungsional sudah memiliki uraian tugas yang jelas dengan angka kredit yang nilainya sudah ditentukan sehingga tidak ada jabatan fungsional yang kekurangan pekerjaan. Bahkan akan mendapat nilai plus jika dapat membuat sebuah karya inovasi terkait pekerjaan tersebut,” ujar Bupati Sanggau, Paolus Hadi. 


Pejabat fungsional berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab secara langsung kepada pejabat pimpinan tinggi pratama, pejabat administrator.


“Setiap pejabat fungsional harus dapat menjamin akuntabilitas jabatannya dalam rangka peningkatan kinerja organisasi dan mendukung suksesnya visi dan misi Bupati Sanggau selaku pejabat pembina kepegawaian,” tutur Paolus Hadi. 


Dalam kesempatan yang sama Kepala BKPSDM Kabupaten Sanggau, Herkulanus menyampaikan bahwa pada hari ini Bupati Sanggau melantik dan pengambilan sumpah/janji terhadap 49 orang pejabat fungsional di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sanggau.


“Jadi mereka yang diambil sumpah/janjinya ini adalah CPNS yang pada saat mereka mendaftar memilih formasi jabatan fungsional sesuai dengan latar belakang pendidikannya,” jelas Kepala BKPSDM Kabupaten Sanggau, Herkulanus. 


Lanjut Herkulanus ketika mereka sudah menjalani masa percobaan selama satu tahun dan telah diangkat sebagai PNS, maka sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil.


“Maka untuk pejabat fungsional ini mereka harus diangkat dan diambil sumpah/janjinya sesuai dengan agama dan keyakinannya masing-masing sebelum mereka menjalankan tugas sesuai dengan tupoksinya sebagai pejabat fungsional,” ujarnya.


PNS yang telah diangkat, serta dilantik dalam jabatan fungsional ini dapat melaksanakan tugasnya dengan baik sesuai dengan bidang keahliannya, sehingga dapat mendukung program-program kerja yang telah direncanakan oleh perangkat daerahnya masing-masing yang tujuan akhirnya tentu untuk mewujudkan visi dan misi kepala daerah untuk menuju Sanggau maju dan terdepan.