Wisuda ke XVIII Tahun 2021 UNKA Sintang Hasilkan 331 Sarjana

Iklan Semua Halaman

Betang Raya Post - Suluh Perjuangan Rakyat Kalimantan

Wisuda ke XVIII Tahun 2021 UNKA Sintang Hasilkan 331 Sarjana



SINTANG - Universitas Kapuas Sintang di bawah naungan Yayasan Melati Sintang dalam masa waktu perkuliahan semester ganjil tahun akademik 2021/2022. Berdasarkan Keputusan Rektor Universitas Kapuas Sintang Nomor: 55/011/114/PP/2020, tanggal 10 februari 2021 Tentang Kalender Akademik tahun 2021/2022 dilingkungan Universitas Kapuas Sintang, salah satu agendanya adalah wisuda sarjana strata satu (S-1). 


Wisuda sarjana S-1 angkatan ke XVIII Universitas Kapuas Sintang tahun 2021 ini, dilakasanakan oleh Panitia Wisuda Sarjana (S-1) berdasarkan SK Rektor Universitas Kapuas Sintang Nomor : 522/011/114/PP/2021,tanggal 1 september 2021. Dan pelaksanaan wisuda sarjana strata 1 (S-1), sudah dilaksanakan pada hari (sabtu,30/10/2021) di Gedung Indoor Apang Semangai Komplek Stadion Baning Sintang. 


Walaupun saat berita ini diturunkan, kondisi wilayah sintang sedang terkena bencana banjir, tidak menjadi hambatan para wisudawan dan keluarga, serta undangan untuk mengikuti prosesi wisuda tersebut. 


Menurut Ketua Panitia Wisuda Paulus,S.P.,M.M., suksesnya acara wisuda Unka Sintang tahun 2021 ini berkat dukungan Yayasan Melati Sintang, Rektor Universitas Kapuas Sintang, Senat Universitas Kapuas Sintang, serta seluruh anggota panitia yang berjumlah 81 orang, dan pelaksanannya menggunakan standar Protokol Kesehatan Covid 19, yang sudah mendapat ijin dari SATGAS Covid 19 Pemda Kabupaten Sintang. 


Wisuda merupakan momentum penting sebagai proses akhir dari seluruh rangkaian kegiatan akademik mahasiswa setelah menempuh dan menyelesaikan semua mata kuliah dan telah dinyatakan lulus dalam sidang ujian skripsi. 


"Wisuda merupakan kegiatan seremonial yang menjadi wahana perayaan kelulusan seorang menjadi sarjana sekaligus media publikasi guna mendapat pengakuan oleh keluarga, masyarakat dan pemerintah,"ujar Paulus.  


Menurutnya, wisuda ini juga merupakan simbol perjuangan mahasiswa yang memerlukan banyak pengorbanan untuk memperolehnya, sehingga wajar dan manusiawi para wisudawan merasa gembira atas keberhasilannya, serta sebagai wujud ungkapan terima kasih kepada pihak keluarga, teman dan semua pihak yang terlibat untuk bisa memperoleh gelar sarjana. 


Wisuda Sarjana Unka angkatan XVIII tahun 2021 ini sudah mendapat verifikasi dari Kementerian Pendidikan,Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendibudristek) melalui Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah XI Nomor:1181/LL11/TI/2021, tanggal 21 Oktober 2021. 


Acara Wisuda Sarjana angkatan XVIII Universitas Kapuas Sintang ini dipimpin oleh Rektor Dr.Antonius,S.Hut,MP selaku ketua Senat dalam Sidang Terbuka Senat Universitas Kapuas Sintang. 


Hadir dalam dalam acara wisuda ini yakni; PLH Bupati Sintang yang diwakili Yustinus,J.S.Pd.MAP selaku asisten bidang perekonomian dan pembangunan sekretaris daerah Sintang, anggota DPRD Sintang, Kepala LLDIKTI wilayah XI yang hadir secara virual (daring), Kusnidar,S.Sos,MM selaku Ketua Umum Yayasan Melati Sintang, Pembina dan Pengawasan Yayasan Melati Sintang, anggota Forkompimda Kabupaten Sintang, GAPKI Sintang, pimpinan bank yang ada di wiayah kabupaten sintang, GM CU Bima, GM CU Keling Kumang, dosen dan staf tenaga kependidikan unka


Menurut Rektor UNKA sintang, sejak berdiri tahun 1992, Universitas Kapuas Sintang dengan 4 Fakultas (FISIPOL,FAPERTA,FKIP,FH), saat ini sudah melaksanakan wisuda sarjana hingga angkatan XVIII, dan hari ini ada 331 orang lulusan sarjana Strata S-1 dari 6 program studi, yaitu ; Prodi Administrasi Publik sebanyak 135 wisudawan, Prodi Administrasi Bisnis sebanyak 71 Wisudawan, Prodi Agroteknologi sebanyak 48 Wisudawan, Prodi Kehutanan sebanyak 19 Wisudawan, Prodi Ilmu Hukum sebanyak 39 Wisudawan dan Prodi Pendidikan Biologi sebanyak 19 Wisudawan. Sehingga jumlah alumnus Unka secara keseluruhan sampai saat ini sebanyak 5.805 Alumni. 


Dari 331 wisudawan ini, terdapat prestasi yang diperoleh  sebagai berikut:  PRODI ADMINISTRASI PUBLIK,IPK tertinggi di raih oleh Valentina Kerenani, S.AP., dengan IPK: 3,80, predikat Kelulusan DENGAN PUJIAN; Lulus tercepat di raih oleh Dayang Lisa Anggri Yani, S.A.P.; dengan masa Studi 3 Tahun 5 Bulan 9 Hari; PRODI ADMINISTRASI BISNIS: 


PUJIAN; Lulus tercepat di raih oleh Magdalena, S.A.B.; dengan masa Studi 3 Tahun 5 Bulan 9 Hari; PRODI AGROTEKNOLOGI: IPK tertinggi di raih oleh Eviliana Mulyawan, S.P.; dengan IPK: 3,82, predikat Kelulusan DENGAN PUJIAN; Lulus tercepat di raih oleh Margareta Evi, S.P.; dengan masa Studi 3 Tahun 8 Bulan 13 Hari; PRODI KEHUTANAN:IPK tertinggi di raih oleh Neni Apriani, S.Hut.; dengan IPK: 3,64, predikat Kelulusan SANGAT MEMUASKAN; Lulus tercepat di raih oleh Neni Apriani, S.Hut.; dengan masa Studi 3 Tahun 9 Bulan 27 Hari; PRODI ILMU HUKUM: IPK tertinggi di raih oleh Yoris Panjaitan, S.H.; dengan IPK: 3,92, predikat Kelulusan DENGAN PUJIAN; Lulus tercepat di raih oleh Rini Eka Cristina,S.H.;dengan masa Studi 3 Tahun 8 Bulan 10 Hari; PRODI PENDIDIKAN BIOLOGI: IPK tertinggi di raih oleh Amanda Jeni Kristina, S.Pd..; dengan IPK: 3,71, predikat Kelulusan DENGAN PUJIAN; Lulus tercepat di raih oleh Yuni Sari Pratiwi, S.Pd.; dengan masa Studi 3 Tahun 8 Bulan 0 Hari.  Dengan prestasi ini, nama pimpinan dan seluruh sivitas akademika mengucapkan   terimakasih yang sebesar-besarnya kepada   para orang tua/wali wisudawan yang telah mempercayakan pendidikan putra-putrinya di UNKA Sintang. 


Dalam sambutannya Rektor menyampaikan, bahwa Universitas Kapuas sebagai satu-satunya Universitas di bagian timur Kalimantan Barat berada di daerah 3T (Terdepan, Terluar dan Terbelakang), terus berupaya melakukan pembenahan di berbagai lini. Sadar akan keterbatasan, maka kami terus berupaya untuk mengembangkan menuju UNKA yang berkualitas dan berdaya saing. 


Saat ini Unka telah memiliki 7 Program Studi (agro teknologi,kehutanan, adminsitarsi publik,administrasi bisnis, pendidikan biologi, pendidikan Bahasa Inggris dan Ilmu Hukum) di bawah 4 Fakultas, dengan dukungan sarana dan prasarana berupa perpustakaan, laboratorium dan ruang kuliah yang masih sangat terbatas seiring dengan tuntutan standar pelayanan dunia pendidikan. 


Menjalin kerjasama dengan berbagai pihak, guna dapat membantu pengembangan UNKA baik berupa sarana dan prasarana maupun peningkatan kualitas akademis dosen, tenaga kependidikan dan mahasiswa, lebih-lebih menyongsong program Merdeka Belajar Kampus Merdeka. 


Secara SDM Unka telah memiliki 9 dosen berkualifikasi doktor dan ada 5 orang dosen sedang studi lanjut program doktor, yang salah satunya berhasil memperoleh beasiswa LPDP sebagai beasiswa bergensi yang dikelola oleh Kementerian Keuangan. 


Dalam waktu dekat, beberapa program perioritas, antara lain pembangunan UKM, peningkatan kualitas layanan perpustakaan berbasis IT, laboratorium komputer dan Bahasa Inggris serta pembangunan unit usaha berupa pengembangan usaha koperasi sebagai wujud untuk meningkatkan kesejahteraan karyawan.  


Apa yang sudah di peroleh Universitas Kapuas Sintang saat ini, tidak terlepas dari peran para pendiri dan Pemerintah Daerah Kabupaten Sintang yang telah, sedang dan akan terus membantu dalam pembangunan UNKA Sintang sebagai Universitas Kebanggaan bersama di kawasan timur Provinsi Kalimantan Barat. 


"Kepada semua pihak sangat diharapkan bantuan dan dukungannya, baik pemerintah, dunia usaha, para alumni untuk kiranya tergerak membantu UNKA,"harap rektor. 


(laporan Victor Emanuel anggota Pan.Wisuda/dosen FH Unka Sintang)