Ormas Katolik Apresiasi MTQ XXIX 2021 Sintang

Iklan Semua Halaman

Betang Raya Post - Suluh Perjuangan Rakyat Kalimantan

Ormas Katolik Apresiasi MTQ XXIX 2021 Sintang



Oleh: Victor Emanue

 

SINTANG - Pelaksanaan MTQ XXIX se-Kalbar di sintang yang dibuka pada minggu (11/12/2021) lalu, telah memasuki hari ke-3. Saat pembukaan (Sabtu malam, 11/12/2021), sejak pukul 19.00 WIB, kawasan Stadion Baning Sintang sangat ramai. Didukung cuaca malam minggu yang bersahabat karena cerah, ribuan masyarakat Kota Sintang berdatangan dari berbagai pintu masuk menuju Stadion Baning untuk menyaksikan Pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran ke-XXIX tingkat Provinsi Kalimantan Barat tahun 2021. 


Meskipun pihak panitia sudah menghimbau warga untuk menyaksikan pembukaan MTQ melalui siaran langsung di Youtube dan Facebook di rumah masing-masing. Namun, karena acara yang sudah dinantikan masyarakat tersebut, membuat mereka ingin menyaksikan secara langsung acara tersebut.


Arus lalu lintas pun padat merayap di Kawasan Simpang Lima sebagai jalur utama menuju Stadion Baning Sintang, bahkan jalan alternatif di depan Panti Asuhan Mujahidin dan dari arah Padepokan Sintang juga padat. 



Pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran ke-XXIX tingkat Provinsi Kalimantan Barat tahun 2021 tersebut diawali dengan hiburan yang menampilkan kesenian qasidah dari Group Hisbi BKMT, Majelis Taklim Al-Fajri, dan Majelis Taklim Kecamatan Tempunak.  Sementara kesenian Hadroh menampilkan Group Hadroh daro Asbabul Mustofa dan Al-Ma’arif. Pada acara defile para kafilah yang berasal dari 14 kabupaten kota di Kalimantan Barat, pihak panitia hanya memperbolehkan maksimal 50 orang untuk satu kafilah. 


Sementara berdasarkan hasil registrasi saat penyambutan kafilah di Rumah Adat Melayu Tepak Sireh Sintang, kafilah asal Kabupaten Bengkayang sebanyak 24 orang, kafilah Kapuas Hulu 45 orang, kafilah Kayong Utara 50 orang, kafilah Ketapang sebanyak 49 orang, kafilah Sambas 44 orang, kafilah Kubu Raya 45 orang, kafilah Landak 27 orang, kafilah Melawi 42 orang, kafilah Mempawah 49 orang, kafilah Sanggau 38 orang, kafilah Sekadau 35 orang, kafilah Sintang 49 orang, kafilah Kota Pontianak 45 orang dan kafilah Kota Singkawang 50 orang. Ikut memeriahkan Pembukaan MTQ ini,Drumb Band Gita Gandhi Acalapati dari SMA Negeri 1 Sintang pimpinan Drs. Edi Sunaryo selaku Kepala Sekolah dan dibimbing Hj.Sri Rezeki, S. Pd, pelatih utama Mita Meldiana dan dibawah koordinasi Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sintang, Sementara aubade yang bertugas menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars MTQ dan Hymne MTQ dibawahkan oleh 20 orang pelajar putra dan 30 orang pelajar putri dari berbagai sekolah di Kota Sintang. (https://lptqkalbar.or.id/pembukaan-mtq-kalbar-spektakuler/). 



Visi Pemerintah Daerah Kabupaten Sintang yang berbunyi “Terwujudnya Masyarakat Kabupaten Sintang yang Cerdas, Sehat, Maju, Religius, dan Sejahtera didukung Penerapan Tata Kelola Pemerintahan yang Baik dan Bersih pada Tahun 2021”. Maka atas pelaksanaan MTQ ini, Ketua Ikatan Sarjana Katolik Indonesia (ISKA) kabupaten Sintang, Yustinus,S.Pd, M.AP mengatakan pada (selasa,14/12/2021) bahwa event MTQ ini wujud masyarakat sintang yang Religius, ungkapnya. ISKA Kab Sintang mengucapkan selamat dan sukses atas terselenggaranya MTQ ini, terang asisten  sekda sintang bidang ekbang ini. Mari kita seluruh elemen masyarakat Sintang, mendukung pelaksanaan MTQ XXIX tingkat Provinsi kalbar ini sebagai wujud toleransi kita untuk saling menghormati dan menghargai dalam rangka menjaga kerukunan umat beragama, dan dirinya juga dipercayakan sebagai Ketua 2 dalam Pelaksanaan MTQ XXIX tingkat kalbar tahun 2021 ini, membidangi Akomodasi, Konsumai, Transportasi dan Kesehatan. 

Ketua Wanita Katolik Republik Indonesia (WKRI) Cabang Paroki Kristus Raja Katedral Sintang, Dr.Hendrika,S.Sos.M.Si mengatakan bahwa WKRI sangat menyambut baik, momen kegiatan keagamaan yang setaraf dengan PESPARAWI untuk umat Kristen (Protestan) dan PESPARANI umat Katolik.  Kegiatan ini, sungguh luar biasa, ungkap program pemerintah untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, guna menumbuh kembangkan rasa persatuandan persatuan guna memupuk rasa persaudaraan diantara sesama umat beragama, tegasnya. Apalagi didalam kepanitiaan MTQ XXIX tingkat kalbar di sintang tahun 2021 ini terlihat sekali rasa kebersamaan, karena semua kalangan dilibatkan tanpa memandang suku, agama dan Ras. Kami dari seluruh pengurus dan anggota WKRI mengucapkan selamat atas terselenggaranya MTQ dengan lancar dan sukses semoga dengan  momentum ini dapat menjadi motivasi kami di WKRI dalam memberikan pelayanan keimanan kepada umat Katolik, Karena dengan kebersamaan dan keberagaman yang ditunjukkan kita saat ini, menjadi modal untuk bisa membangun bangsa dan negeri ini lebih baik lagi, ungkap mantan ketua ISKA Kabupaten Sintang ini. 

Sekretaris Lembaga Pengembangan Pesta Paduan Suara Gereja Katolik Daerah (LP3KD) Kabupaten Sintang, Micheil Eko Hardian,SH,MH mengatakan menyambut baik pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur'an tingkat provinsi yang diadakan di Kota Sintang. Tentu saja sebagai masyarakat Sintang kita cukup bangga dan senang even tingkat provinsi bisa diselenggarakan di Sintang. MTQ juga bertujuan untuk mempertebal iman dan Ketaqwaan saudara-saudari kita yang Muslim terhadap imannya dan jika imannya kuat maka kita dapat saling menghargai dan menghormati satu sama lain, ungkap dosen Fakultas Hukum Universitas Kapuas ini. Dikatakannya, karena agama selalu mengajarkan tentang kebaikan hal ini tentu saja dapat memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa dalam menciptakan Sintang yang harmonis dan nyaman bagi semua.  Menurut kandidat doktor ilmu hukum dari Universitas Sebelas maret Solo ini, MTQ juga memberikan multiplayer effect bagi Sintang,menggairahkan perekonomian, khususnya UMKM, pariwisata seperti ; banyak para tamu di MTQ datang ke  bukit kelam, yang dulunya hanya di dengar kini bisa dikunjungi oleh peserta, bisa mengarungi sungai kapuas dengan perahu bidar di sela-sela  waktu senggang dalam perlombaan MTQ, begitu pula di sektor jasa transportasi, perhotelan semuanya memberikan nilai plus bagi Sintang yang sempat lesu karena pandemi covid-19 dan banjir besar kemaren, tegas Eko. Sebagai warga Sintang kita berharap Sintang juga bisa menjadi juara umum MTQ XXIX tingkat provinsi ini dan kita berharap agar semua masyarakat Sintang bersama sama turut mensukseskan MTQ Tingkat Provinsi di Sintang yang bermartabat ini, ungkap Micheil Eko Hardian yang juga sekretaris ISKA Sintang periode 2021-2024. 

Pemuda Katolik kabupaten Sintang sangat mengapresiasi pelaksanaan MTQ XXIX se-Kalbar di sintang tahun 2021, dan pelaksanaan MTQ di sintang sebagai suatu kehormatan, bahwa Kabupaten Sintang  mendapat kepercayaan sebagai tuan rumah dalam sebuah even se-Kalimantan Barat ini, tegas Petrus Nongkan Lonanyan. Kita berharap seluruh rangkaian kegiatan dapat berjalan lancar dari awal hingga berakhirnya nanti. Semoga dengan adanya kegiatan ini dapat semakin menguatkan keyakinan iman akan kedamaian serta dapat semakin memupuk rasa persaudaraan dengan semua pemeluk agama yang ada di Kab.Sintang khususnya dan Kalimantan Barat ada umumnya, terang pemuda Dayak Uut Danum ini.  Menurut Petrus kegiatan MTQ  sudah menjadi tanggungjawab semua elemen masyarakat  Kab Sintang untuk turut mensukseskannya, sehingga tercipta rasa aman dan nyaman bagi para peserta. Selamat berkontestasi bagi para khilafah,dan semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa menyertai seluruh rangkaian kegiatan MTQ ini, ungkap Ketua Pemuda Katolik Sintang ini. 

Komda PMKRI (Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia) Regio Kalimantan Barat Oktavianus Lois Indra, mengatakan bangga Sintang bisa menjadi tuan rumah pelaksanaan MTQ XXIX tahun 2021. Walaupun sintang baru saja dilanda banjir hebat tahun 2021, tapi kami di sintang masih bisa dan mampu melaksanakan event  setingkat Provinsi ini, tegasnya. PMKRI kalbar mengajak semua masyarakat kalbar dan masyarakat sintang khususnya dukung dan sukseskan MTQ 2021 ini. Indra mengatakan agar semua peserta dan panitia tetap memperhatikan dan patuhi prokes covid 19 dalam semua kegiatan MTQ. Karena bagaimanapun saat ini wilayah kita masih dalam kondisi pandemi covid 19, terangnya. Ketika di tanya melalu pesan whatshaap, kadis kesehatan kabupaten Sintang dr.Harysinto linoh mengatakan bahwa prokes covid 19 harus tetap dipatuhi dan diikuti, dan saat ini wilayah kita di Kalimantan termasuk kita di sintang kalbar ini berada PPKM pada level 2, sesuai dengan  INMEDAGRI Nomor 65 tahun 2021, tanggal 6 desember 2021. Selaku tim satuan tugas Covid 19 sintang, dirinya beserta seluruh jajaranya siap menjalankan tugas guna menyukseskan MTQ XXIX se-kalbar di sintang ini, tegas dr Sinto panggilan akrabnya. Menurut dr. Sinto jika merujuk pada rekomendasi WHO, PPKM Level 2 artinya: angka kasus positif COVID-19 antara 20 dan kurang dari 50 orang per 100 ribu penduduk per minggu. Rawat inap di di rumah sakit antara 5 hingga kurang dari 10 orang per 100 ribu penduduk per minggu, sementara angka kematian kurang dari 2 orang per 100 ribu penduduk di daerah tersebut. Ungkap Sinto. 

Berdasarkan keterangan Syukur Saleh, kasubag dokumentasi pimpinan pada bagian Prokim Setda kab.Sintang yang juga sebagai anggota panitia MTQ seksi humas, publikasi dan dokumentasi menerangkan bahwa pelaksanaan MTQ XXIX se-kalbar di sintang tahun 2021 ini, terdapat 7 Lokasi Perlombaan pada Musabaqah Tilawatil Quran Ke XXIX Tingkat Provinsi Kalimantan Barat di Kabupaten Sintang. Babak penyisihan mulai Minggu, 12 Desember 2021 hingga Rabu, 15 Desember 2021 mulai pukul 08.00-22 WIB, Menurut Syukur Saleh Lokasi kegiatan MTQ tersebut meliputi ; Venue Utama Stadion Baning Sintang lokasi lomba Cabang Tilawah Golongan Remaja, Golongan Dewasa dan Golongan Cacat Netra, Masjid Al-Amin di Jalan Lintas Melawi lokasi lomba Musabaqah Tilawatil Quran Ke XXIX Tingkat Provinsi Kalimantan Barat Cabang Tahfiz Juz 1 dan 5 Ma’at Tilawah, Masjid An-Nur lokasi lomba Cabang Tahfiz Juz 10, 20 dan 30 dan Hifdzil Hadist, Masjid Jami’ Sultan Nata.