Petani Desa Pinang Dalam Kubu Raya Dambakan Pupuk Subsidi

Iklan Semua Halaman

Betang Raya Post - Suluh Perjuangan Rakyat Kalimantan

Petani Desa Pinang Dalam Kubu Raya Dambakan Pupuk Subsidi


Laporan Biro Kubu Raya, Dilla
Editor Firmus


KUBU RAYA - Mata pencaharian sehari - hari warga di Desa Pinang Dalam, Kecamatan Kubu, Kabupaten Kubu Raya, Provinsi Kalimantan Barat mengandalkan pertanian. 


Produk unggulan petani adalah tanaman holtikultura namun hasilnya sangat bergantung dengan ketersediaan pupuk. Mengingat pupuk akhir akhir ini mulai langka di pasar, begitu juga dengan pupuk subsidi juga sepertinya menghilang. 



Oleh sebab itu petani berharap ada perhatian dari pemerintah, pusat, provinsi dan daerah.


Karbin (63) warga blok B Desa Pinang Dalam Kecamatan Kubu, Kabupaten Kubu Raya, Provinsi Kalimantan Barat. 


Hortikultura sendiri merupakan bahasa latin yang yang terdiri dari kata "hortus" yang artinya kebun, dan "culture" yang berarti bercocok tanam.



Dilansir dari beberapa sumber, Selasa (22/3/2022), makna hortikultura adalah cara atau teknik bercocok tanam yang menggunakan media kebun atau pekarangan rumah sebagai Iahan.


Tanaman hortikultura memiliki dua fungsi, yang mana bisa sebagai sumber daya untuk dikonsumsi, dan juga untuk hal keindahan.


Umumnya, hasil yang diperoleh dari budidaya secara hortikultura selalu diupayakan lebih tinggi daripada cara budidaya tanaman lainnya, itu karena hortikultura menggunakan lahan atau area yang lebih luas untuk bercocok tanam.


Meski begitu, tanaman hortikultura tetap bisa dibudidayakan pada area kecil, seperti kebun atau pekarangan rumah, sehingga tanamannya dapat memberi manfaat langsung kepada yang membudidayakan.



Untuk mengetahui lebih jelas, tanaman hortikultura ini terbagi menjadi 4 kelompok berbeda seperti di bawah ini.


1. Sayuran


Kategori sayuran yang termasuk dalam kelompok tanaman hortikultura, di antaranya adalah kubis, bayam, wortel, kangkung, bawang merah, bawang putih, daun bawang, kol, selada, mentimun, buncis, paprika, dan masih banyak lagi.


2. Buah-buahan


Kategori buah-buahan pada tanaman hortikultura menghasilkan buah yang dapat dikonsumsi dan memiliki nilai ekonomi yang tinggi.


Buah-buah tersebut di antaranya tomat, semangka, jeruk, mangga, melon, stroberi, rambutan, pepaya, jambu, pisang, nanas, apel, anggur dan sebagainya.


3. Tanaman hias


Kategori tanaman hias pada tanaman hortikultura adalah jenis tanaman yang dapat digunakan sebagai hiasan, biasanya tanaman ini memiliki keindahan dari segi bunga, daun, akar, atau tangkainya.


Contoh tanaman hias dari tanaman hortikultura adalah bunga mawar, melati, aglaonema, pakis, anggrek, anggrek bulan, tulip, dan aneka tanaman hias Iainnya yang bisa menambah cantik halaman rumah yang sedang digemari banyak orang saat ini.


4. Obat-obatan


Tanaman obat dari tanaman hortikultura merupakan jenis tanaman yang bermanfaat untuk mencegah maupun mengobati penyakit.


Tanaman obat ini terdapat dua jenis, yaitu tanaman biofarmaka rimpang dan biofarmaka non-rimpang.