Gebyar Kebhinekaan Sanggau Bersatu Sukses

Iklan Semua Halaman

Betang Raya Post - Suluh Perjuangan Rakyat Kalimantan

Gebyar Kebhinekaan Sanggau Bersatu Sukses

SANGGAU, BRP - Untuk yang pertama kalinya jelang pilkada dikabupaten sanggau, masyarakat kabupaten sanggau bersatu, membaur serta tanpa perbedaan dan sepakat dalam sebuah Ikrar.

Ikrar kebhinekaan sanggau bersatu yang di Inisiasi Jajaran Kepolisian Resor Sanggau dan dilaksanakan di lapangan Gelora Pancasila Sanggau, Sabtu 3 Februari 2018 berjalan sukses sesuai yang telah direncanakan.

Tak kurang dari 1500 peserta dari berbagai elemen masyarakat serta berbagai etnis yang ada dikabupaten sanggau pun membaur menjadi satu. Semua itu dibuktikan dengan dibacakannya ikrar kebhinekaan oleh lima unsur yang berbeda pula.

Ikrar pertama berbunyi Kami masyarakat kabupaten sanggau menjunjung tinggi pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan Menjaga keutuhan NKRI yang dibacakan dan diwakilkan kepada DPRD kabupaten sanggau.

Ikrar kedua, berbunyi Kami masyarakat kabupaten sanggau bertekad tidak terpengaruh dengan adanya isu-isu, Provokasi, dan Agitasi yang berbau suku, agama, ras dan antar golongan yang dapat memecah belah bangsa yang disampaikan oleh Kapolres sanggau.

Ikrar ketiga, Kami masyarakat kabupaten sanggau menolak suku, agama, ras dan antar golongan dijadikan alat untuk kepentingan politik yang disampaikan oleh Dandim 1204 mewakili unsur TNI,

Untuk menjaga netralitas, Ikrar keempat disampaikan dari unsur Forkopimda kabupaten sanggau yang berbunyi Kami masyarakat kabupaten sanggau siap mensukseskan dan menciptakan pemilihan Gubernur/Wakil Gubernur kalimantan barat dan pemilihan Bupati/Wakil Bupati tahun 2018, yang berintegritas, bermartabat, aman daan damai,

Dan Ikrar yang kelima dibacakan pihak penyelenggara pemilu, KPUD kabupaten sanggau yang berbunyi Kami masyarakat kabupaten sanggau bertekad untuk menjaga kedamaian dan keharmonisan dalam keberagaman dan kebhinekaan.

Seperti yang diungkapkan ketua pelaksana kegiatan, Kompol Ricky R mengatakan kalau ini semua dilakukan untuk membuktikan kalau masyarakat kalimantan barat dan kabupaten sanggau khususnya dapat bersatu, rukun dan damai ditengah kemajemukan serta keberagaman yang ada.

Berbagai atraksi pun ditampilkan dalam kegiatan tersebut tanpa terkecuali.

Robiantinus Hermanto
Redaksi Betangrayapost