Kabar Dari Paroki Batang Tarang

Iklan Semua Halaman

Betang Raya Post - Suluh Perjuangan Rakyat Kalimantan

Kabar Dari Paroki Batang Tarang

Renungan bersama Pastor Thomas:
Bukan Lagi Loh Batu Tapi  Loh Hati Kita

BATANG TARANG, BRP - Hukum/perintah Allah di sampaikan kepada nabi Musa dalam sebuah Loh Batu. Pada Loh Batu ini, tertera sepuluh hukum/perintah Allah yang menjadi pedoman hidup bagi bangsa Israel.

Namun dalam penerapannya, hukum/perintah Allah tersebut sering kali diabaikan. Umat Allah berulang kali melakukan pelanggaran. Bahkan pelanggaran yang fatal. Oleh karena itu, Allah berinisiatif untuk melakukan suatu pembaharuan.

Hukum/perintah Allah ini tidak lagi digoreskan pada Loh Batu, tetapi digoreskan pada Loh Hati (Yer. 31:31-34). Pada Loh Hatilah sekarang hukum/perintah Allah ini tertulis dan tertanam.

Lantas, bagaimana dengan hati kita? Allah juga mengukir dengan indah firmanNya pada Loh hati kita. Ia mengukir dan menanamkannya. Syaratnya, kesediaan dan keterbukaan hati kita kepadaNya.

Bila firmanNya terukir dan tertanam dalam hati kita, maka Ia pun akan memerintah dalam hidup kita. Bukan lagi ego kita atau kemauan kita sendiri, tapi kehendakNyalah yang bekerja dalam diri kita.

Karena itu, patut dipertanyakan bila hidup kita masih saja dalam keangkuhan, prasangka buruk, amarah, ketamakan, iri hati, dan sebagainya. Apakah Sabda/firmanNya sungguh-sungguh tertanam  pada Loh Hati kita? Semoga.

Selamat menjalani masa Prapaskah V. Tuhan memberkati kita semua.