Kehilangan Sosok Pegawai Teladan

Iklan Semua Halaman

Betang Raya Post - Suluh Perjuangan Rakyat Kalimantan

Kehilangan Sosok Pegawai Teladan

Laporan: Agusdaryanto Mempawah

MEMPAWAH, BRP - Kasubbag Humas dan Protokol, Rio Raziqin, S.Sos setelah sepuluh tahun mengabdi di lingkungan kerja Pemerintah Kabupaten kali ini pindah tugas ke Kabupaten Kubu Raya. Acara perpisahan pejabat yang dikenal dekat dengan awak media di Kabupaten Mempawah itu dihadiri puluhan pegawai, Selasa (27/3/2018), kemarin siang, di Ruang Humas dan Protokol, Kantor Bupati Mempawah.

Satu dekade melayani masyarakat Kabupaten Mempawah, meninggalkan banyak kenangan bagi bapak dua anak ini. Terutama pengalaman bersama rekan-rekan kerja dilingkungan Humas dan Protokol Pemkab Mempawah. Rio mengaku pindah tugas merupakan keputusan yang berat bagi dirinya.

“Banyak sekali pengalaman suka dan duka saya selama bertugas di Mempawah. Saya harus pindah tugas juga dikarenakan beberapa faktor. Terutama menyangkut pribadi dan keluarga,” lirih Rio haru.

Selain itu, dirinya mengaku sangat berkesan dapat bekerjasama dengan orang-orang terbaik selama bertugas di Mempawah. Baik itu dari kalangan pejabat dan staf dilingkungan Pemerintah Kabupaten Mempawah maupun rekan-rekan media yang sangat membantu kinerjanya sebagai corong informasi Pemerintah Kabupaten Mempawah.

“Jujur saja, selama ini saya sangat terbantu dengan kerjasama yang baik dengan rekan-rekan media di Kabupaten Mempawah. Berkat kerjasama itulah, hingga saya dapat menyelesaikan tugas-tugas di Humas ini,” ucapnya.

Karenanya, pegawai yang tiap hari pulang pergi Mempawah-Pontianak ini menyampaikan ucapan terimakasih kepada semua pihak yang telah membimbing dan membantu dirinya menyelesaikan tugas-tugas kehumasan.

“Saya berharap pejabat yang nantinya akan menggantikan dapat melanjutkan bahkan meningkatkan kinerja Humas dan Protokol Pemkab Mempawah. Karena, saya yakin masih banyak pejabat yang berprestasi di Mempawah,” tukasnya.

Sementara itu, Asisten Administrasi dan Umum Pemerintah Kabupaten Mempawah Suwanda memberikan pujian yang tulus kepada Rio Raziqin atas dedikasi dan kinerjanya selama 10 tahun bertugas di Humas dan Protokol Pemkab Mempawah. Suwanda menyebut Rio sebagai sosok yang patut diteladani.

“Beliau ini patut kita teladani. Setiap hari pulang kantor selalu paling akhir dari pegawai lainnya dan dapat menyelesaikan tugas-tugas dengan optimal. Beliau bekerja dengan tulus ikhlas dengan penuh tanggungjawab,” pujinya.

Bahkan, menurut Suwanda yang pernah menjabat Kabag Humas Pemkab Mempawah ini menyebut sosok Rio memiliki peran penting dalam mempublikasikan program dan kinerja pemerintah daerah. Begitu pula upaya pembentukan citra positif pemerintah daerah, semuanya dapat dilaksanakan dengan baik.

“Selama 10 tahun, Alhamdulillah, yang bersangkutan mampu menjalankan tugas mengelola informasi dan melakukan kegiatan publikasi serta branding atau pencitraan Pemerintah Kabupaten Mempawah dengan baik. Maka, saya merasa sangat kehilangan dengan kepindahan beliau,” sesal Suwanda.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Ikatan Jurnalis Bestari (I-JARI), Dian Sastra menyebut Rio sebagai sosok yang dapat bekerjasama dan merangkul kepentingan media. Kepiawaiannya itulah yang membuat Rio dapat menjalankan tupoksinya sebagai Kasubbag Humas Pemkab Mempawah.

“Kami para awak media sangat terbantu dengan peran aktif Pak Rio dalam mengelola informasi dan mempublikasikan informasi yang perlu diketahui publik. Setiap kegiatan Pemkab Mempawah selalu disajikan dalam bentuk berita yang ekslusif untuk rekan-rekan media,” puji wartawan senior di Kabupaten Mempawah ini.

Suasana perpisahan Kasubbag Humas, Rio Raziqin berlangsung hikmad dan penuh kekeluargaan. Acara pelepasan diakhiri dengan makan siang bersama dan penyerahan cinderamata dari Ketua I-JARI kepada Rio Raziqin berupa karikatur.