Masa Prapaskah, Masa Pemulihan dan Pemurnian Hidup

Iklan Semua Halaman

Betang Raya Post - Suluh Perjuangan Rakyat Kalimantan

Masa Prapaskah, Masa Pemulihan dan Pemurnian Hidup


Renungan bersama Pastor Thomas:


BATANG TARANG, BRP - Dalam dunia Perjanjian Lama, bangsa Israel dikenal sebagai bangsa pilihan Allah. Allah memilih bangsa ini sebagai umat pilihanNya.

Meskipun menjadi bangsa yang dipilih dan dikasihi oleh Allah, umat Israel kerap kali melakukan pelanggaran di hadapanNya. Mereka menajiskan rumahNya, mengolok dan mengejek para nabi yang diutusNya, dan melecehkan firmanNya (2 Taw. 36:14-16, 19-23).

Atas perbuatan tersebut, Allah memberikan pelajaran dan hukuman kepada mereka. Hukuman diberikan dengan cara membiarkan mereka diperbudak oleh bangsa lain, oleh bangsa yang tidak mengenal Allah. Dengan cara ini iman umat Israel dimurnikan kembali, sehingga mereka berpaling kembali kepada Allah.

Lantas, bagaimana dengan kita? Kita juga acap kali hidup dalam situasi menjauhkan diri dari kasih Allah. Terkadang, kita lebih menyukai hidup dalam kegelapan daripada berada dalam naungan cahaya Sang Terang. Kita cenderung membiarkan diri terjerumus dalam lumpur dosa daripada setia mengalami kasihNya.

Semoga masa Prapaskah yang sedang kita jalani saat ini, menjadi sebuah masa/kesempatan yang dapat membantu kita dalam memulihkan situasi hidup kita masing-masing. Semoga masa yang penuh rahmat ini dapat membantu kita dalam memurnikan kembali iman kita.

Semoga kita lebih berani lagi beranjak dari kegelapan hidup kita, menuju kepada Sang sumber Terang (Yoh. 3:14-21). Sebab hanya di dalam Sang Terang, yang adalah Yesus Kristus itu sendiri, kita memperoleh kasih karunia yang berlimpah-limpah (Ef. 2:4-10). Jadi, hanya di dalam Dia, kita memperoleh segala-galanya.

Selamat menjalani masa Prapaskah IV. Tuhan memberkati kita semua.