Pupuk Subsidi di Sekadau Tidak Langka

Iklan Semua Halaman

Betang Raya Post - Suluh Perjuangan Rakyat Kalimantan

Pupuk Subsidi di Sekadau Tidak Langka

Oleh : Asmuni
Kepala Biro Betang Raya Post

SEKADAU, BRP - Beberapa minggu lalu beberapa media online memuat berita bahwa, diduga  pupuk subsidi langka di Kabupaten Sekadau.

Untuk mengklarifikasi hal ini, Kamilson, SP Kasi pupuk pestisida dan mesin pertanian Dinas Pertanian, Perikanan dan Peternakan Kabupaten Sekadau katakan bahwa, "Pupuk di Sekadau tidak langka," ujarnya.

"Suplay pupuk subsidi ini kan perlu prosedur  misalnya, bulan ini dikeluarkan sekian, bulan depan dikeluarkan sekian, disuplay kemana dan kuotanya memang dari pusat sudah dibatasi," kata Kamil saat ditemui disalah satu gudang distibutor pupuk subsidi di Sekadau, Selasa (13/3/18).

Kamil menambahkan, untuk kuota Kabupaten Sekadau kalau dilihat dari luas lahan yang ada, harusnya kurang lebih 15 000 ton, sementara kuota pupuk Kabupaten Sekadau tahun 2018 ini baru 2000 ton jenis NPK Ponska," terangnya.

Kemudian, kelompok tani yang mendapatkan pupuk juga ada kriteria dan harus menyusun RDKK atau kelompok taninya yang aktf.

"Atau kelompok tani yang terdaftar di Dinas  Kabupaten, Provinsi dan terdaftar di Kementrian serta yang aktif menyusun RDKK," paparnya.