Giliran Kelompok Tani Mukti Jaya Setapang Dukung Karolin-Gidot

Iklan Semua Halaman

Betang Raya Post - Suluh Perjuangan Rakyat Kalimantan

Giliran Kelompok Tani Mukti Jaya Setapang Dukung Karolin-Gidot

Oleh : Asmuni
Ka. Biro Sekadau

SEKADAU, BRP – Sepertinya para petani lebih dekat pada pasangan Karolin-Gidot. Sebelumnya petani di Selalong, sekarang giliran Kelompok Tani Mukti Jaya Setapang Kabupaten Sekadau melabuhkan pilihan pada pasangan nomor urut 2 ini.

“Di masa Gubernur Cornelis, kami banyak dibantu oleh Dinas Pertanian Kalbar. Sekarang beliau sudah tak lagi menjabat, dan akan dilanjutkan oleh anaknya, Bu Karolin. Kami yakin, Bu Karolin memiliki visi dan misi sama dalam memajukan pertanian. Itu sebabnya, kami siap mendukung Bu Karolin yang berpasangan dengan Pak Gidot di Pilgub nanti,” kata Ali Mahmudi, Ketua Kelompok Tani Mukti Jaya Dusun Setapang SP 5 Lamau Desa Perongkan Kecamatan Sekadau Hulu saat panen padi perdana beberapa waktu lalu.

Diceritakan Ali, kelompok taninya telah melakukan panen padi perdana pada Maret lalu. Lahan sawah yang digarap berasal dari  lahan perumahan. Lahan itu awalnya kosong, lalu diolah tentu dengan mengikuti petunjuk dari Dinas Pertanian.

“Begitu panen, menghasilkan 3,5 ton per hektar dengan luas lahan 22 hektar lebih. Terima kasih kepada Pemerintah Provinsi atas program-program pertanian yang sudah diberikan kepada petani melalui Pemkab Sekadau. Begitu besar perhatian Pemda pada kami. Itu sebabnya, pilihan paling tepat di Pilgub nanti, pasangan Karolin-Gidot. Kami yakin, pasangan ini pasti melanjutkan apa yang telah dirintis oleh Gubernur Cornelis,” jelas Ali.

Kelompok Tani Mukti Jaya dibentuk tahun 1991. Di tahun 2018 sudah memiliki 30 anggota. Kelompok ini terus berkembang dengan bimbingan dari Pemda. Dengan kebersamaan dan kekompakkan, kelompok tani ini mampu meningkatkan kesejahteraan. Bahkan, mereka bisa dikatakan pahlawan pangan.

“Kami tahu bahwa pasangan nomor urut 2 ini asalnya dari petani. Sudah pasti pasangan Karolin-Gidot lebih memperhatikan kesejahteraan petani,” ujar Ali.

Pasangan yang diusung PDIP dan Demokrat ini memang terkenal sangat konsen memperhatikan nasib petani. Hal ini lebih dilatarbelakangi, basis massa keduanya memang petani. Karolin Margret Natasa adalah Bupati Landak. Sebagian besar penduduk Landak adalah petani. Program pertanian yang telah dilaksanakan menjadikan Kabupaten Landak salah satu lumbung pangan Kalbar.

Begitu juga Suryadman Gidot adalah Bupati Bengkayang. Sebagian besar penduduk Bengkayang petani. Publik tahu bahwa Bengkayang adalah daerah dengan produksi jagung terbesar. Semua tidak lepas dari perhatian besar Gidot pada petani. Tidak heran apabila pasangan ini menjadi pilihan utama para petani.