MUSKOMAC dan MAPENTA Pemuda Katolik Sekadau Sukses Digelar

Iklan Semua Halaman

Betang Raya Post - Suluh Perjuangan Rakyat Kalimantan

MUSKOMAC dan MAPENTA Pemuda Katolik Sekadau Sukses Digelar

Oleh: Kepala Biro Betang Raya Post, Sekadau Asmuni.

Editor: Firmus

SEKADAU, BRP - Pemuda Katolik Kabupaten Sekadau telah melaksanakan Musyawarah Komisariat Anak Cabang (Muskomac) dan Masa Penerimaan Anggota (Mapenta) di Aula Bukit Sion Nanga Mahap, Sabtu (28/4/18).

Kegiatan dibuka oleh Bupati Sekadau Rupinus, SH, M.Si.

Kegiatan ini bertujuan untuk membentuk pengurus Anak Cabang di setiap Kecamatan.

Oganisasi Pemuda Katolik di Kabupaten Sekadau sudah resmi terdaftar di Kesbangpol.

Struktur ditingkat nasional Ketuanya, dr. Karolin Margret Natasa. Ditingkat Provinsi Ketuanya Maskendari, yang ditingkat Kabupaten namanya Anak cabang yang diketuai oleh Dudun Staniko.

Organisasi Pemuda Katolik sudah ada sejak tahun 2008 dengan diketuanya Paulus Sutami bersama dengan Drs. Paulus Subarno, M.Si.

"Terimakasih kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Sekadau atas pembinaan selama ini dan juga telah membantu pendanaan dalam kegiatan Pemuda Katolik," ucap Ketua Pemuda Katolik Kabupaten Sekadau Dudun Staniko.

Sementara itu, Pastor Donatus Daud menambahkan, kepengurusan Pemuda Katolik akan  didampingi oleh Paroki.

"Kita juga senang sekali atas kegiatan pembentukan kepengurusan Anak Ranting Pemuda Katolik di Kecamatan,"tutur Pastor.

Generasi Muda atau Pemuda Katolik juga membutuhkan bimbingan dari Gereja dan dari Pemerintah Daerah.

"Semoga kerja sama ini terus berlangsung. Terimakasih kepada pihak Pemerintah yang selalu mendukung kegiatan Pemuda Katolik," ucapnya.

Sambutan Bupati Sekadau Rupinus, SH, M.Si, mengucapkan terima kasih kepada panitia yang sudah mengundang pemerintah daerah Kabupaten Sekadau.

"Kita bantu seadanya, dan tahun depan semoga kami bisa menambah anggarannya,"janjinya.

Pemuda Katolik sebagai Organisasi agama, harus bisa memberikan contoh yang baik.

"Dimedia sosial juga harus menggunakan bahasa yang baik,"pesan Bupati.

"Sebagai orang Katolik, bagaimana kita menjaga sikap kita kepada sesama teman kita yang bukan Katolik," pesannya.

Masalah Narkoba pemakaiannya sudah bermacam-macam latar belakang.

"Kita sebagai anak muda Katolik jangan sampai terlibat dalam masalah narkoba. Baik sebagai pemakai maupun pengedar," pesannya lagi.

Pemuda Katolik yang sudah mempunyai hak pilihnya, supaya pada pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalbar 2018 pada tanggal 27 Juni nanti agar menggunakan hak pilihnya dengan baik.

" Jadilah pemilih yang cerdas dan jangan alergi dengan politik. Jadilah pemuda-pemuda yang punya harapan masa depan," harapnya.

Bagi para Pemuda Katolik yang sudah rekam e-KTP tapi belum jadi, supaya minta surat keterangan dari KPU (Suket), agar jangan sampai pada saat pemilu tidak bisa memberikan hak suaranya.

"Mari kita jaga Kabupaten Sekadau ini supaya tetap aman. Jangan percaya dengan berita yang menyesatkan dan berita hoax yang mau memecah belah persatuan kita serta jangan mudah terpengaruh,"himbaunya.

Hadir dalam acara ini, anggota DPRD Kabupaten Sekadau dari Fraksi Demokrat, Aron dan dari Fraksi PDI Perjuangan, Radius Efendy, beberapa Kepala SKPD Kabupaten Sekadau, Kepala Desa Nanga Mahap, Pastor Paroki, Tokoh Senior Pemuda Katolik Kabupaten Sekadau Drs. Paulus Subarno.