Warga Sungai Dangin Diminta Waspadai Ancaman Karhutla

Iklan Semua Halaman

Betang Raya Post - Suluh Perjuangan Rakyat Kalimantan

Warga Sungai Dangin Diminta Waspadai Ancaman Karhutla

SANGGAU, BRP - Kalimantan Barat merupakan salah satu dari tiga Provinsi lainnya di tanah air yang rawan terjadinya Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Mengoptimalisasikan upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan perlu melibatkan semua pihak, tidak hanya aparat terkait, namun yang lebih utama adalah masyarakat khususnya masyarakat adat.

"Harus semua lapisan masyarakat terlibat penanganan Karhutla,"ungkap Danramil 1204-05/Kecamatan Noyan, Pelda Roberto APM saat memberikan  sosialisasi Karhutla kepada masyarakat Desa Sungai Dangin, Kamis (26/04/2018) pukul 13.00 Wib.

Sosialisasi ini merupakan bagiam dari kegiatan non fisik TMMD Regtas ke-101 Kodim 1204/Sgu tahum 2018. Hadir dalam kegiatan tersebut pihak BPD, Mastamin, Sekdes Sungai Dangin, Marselus Demes, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat dan seluruh Kepala Dusun se Desa Sungai Dangin.

Danramil meminta masyarakat menjaga dan memelihara hutan, kebun dan lahan mereka agar terhindar dari kebakaran yang sekarang sering terjadi. Kebakaran hutan dan lahan, tidak saja terjadi karena kesengajaan, tetapi bisa saja terjadi karena kelalaian.

Masyarakat bekerjasama dengan aparat kepolisian untuk menindak tegas dan memberi sanksi sesuai hukum yang berlaku kepada pelaku pembakar kebun, lahan dan hutan yang terbukti dengan sengaja.