Bupati Rupinus Buka Kegiatan Lomba Kesatuan Gerak PKK KB Kesehatan Di Sekadau

Iklan Semua Halaman

Betang Raya Post - Suluh Perjuangan Rakyat Kalimantan

Bupati Rupinus Buka Kegiatan Lomba Kesatuan Gerak PKK KB Kesehatan Di Sekadau

Oleh : Ka. Biro Betang Raya Post Sekadau, Asmuni

SEKADAU, BRP - Penilaian pelaksanaan terbaik, Lomba kesatuan gerak PKK KB Kesehatan, Lomba perilaku hidup bersih dan sehat, Lomba lingkungan yang bersih tingkat Provinsi Kalimantan Barat, digelar di gedung PKK Kabupaten Sekadau, Kamis (3/5/18).

Kegiatan lomba  PKK tingkat Provinsi Kalimantan Barat ini dibuka oleh Bupati Sekadau Rupinus, SH, M.Si.

Ketua Penggerak PKK Kabupaten Sekadau Kristina Rupinus, dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada para Tim penilai dari Provinsi Kalimantan Barat, selamat datang di Bumi Lawang Kuari Sekadau.

Selain itu dikatakannya, di Kabupaten Sekadau ada tiga Desa (3 Kecamatan) yang diikutsertakan dalam penilaian yakni, Desa Mungguk Kecamatan Sekadau Hilir, Desa Nanga Taman Kecamatan Nanga Taman dan Desa Tembesuk Kecamatan Nanga Mahap.

Adapun kata dia, Perincian Kesatuan gerak PKK KB Kesehatan diantaranya, meliputi pembinaan administrasi PKK, pembinaan dan pengembangan dasawisma, melakukan penyuluhan dan sosialisasi, melaksanakan kegiatan sosial.

Kami menyadari, Kabupaten Sekadau yang masih baru, tentu masih banyak kekurangannya  namun kata dia, tetap akan berusaha untuk menyesuaikan diri dengan Kabupaten lainnya," ucap Kristina yang juga Istri Bupati Sekadau Rupinus.

"Untuk itu, kami berharap kepada Tim penilaian dari Provinsi untuk dapat memberikan masukan, pembinaan dan bimbingan dalam penilaian, semoga dalam kegiatan yang akan datang bisa lebih baik lagi," harapnya.

Sementara, sambutan dari Bupati Sekadau Rupinus katakan, apresiasi atas kegiatan ini. Terimakasih atas kedatangan Tim penilai dari Provinsi.

Penilaian kesatuan gerak PKK KB Kesehatan pada hari ini hendaknya dijadikan moments untuk semakin menunjukkan bahwa anggota dan pengurus PKK semakin solid dan dinamis serta memberi manfaat yang optimal kepada masyarakat.

Gerakan Pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga PKK dengan 10 program pokok bertujuan untuk memberdayakan keluarga dalam mencapai kesejahteraan keluarga. Program Keluarga berencana dan kesehatan yang terkait dengan 10 program pokok PKK yakni, kesehatan adalah kebutuhan dasar manusia.

"Memelihara kesehatan diri sendiri, keluarga dan lingkungannya sangat erat kaitannya dengan persoalan kemiskinan dan ketidaktahuan serta pendidikan yang rendah," imbuhnya.

Dikatakannya, setiap orang mempunyai tugas kewajiban dan tanggung jawab untuk memelihara kesehatan diri sendiri, keluarga dan lingkungannya. Pemerintah juga terus berupaya meningkatkan kwalitas keluarga dan masyarakat di Kabupaten Sekadau melalui keterpaduan kebijakan dan pelaksanaan program diberbagai bidang.

Maka, dengan program yang terintegrasi dan sinergis diharapkan upaya-upaya dibidang kesehatan dan Keluarga Berencana dapat semakin meningkat capaian kesejahteraan masyarakat. Meskipun angka kematian bayi dan kematian ibu serta derajat kesehatan masyarakat sudah cukup baik namun, masih diusahakan usaha keras untuk memberikan pemahaman bahwa kaum ibu baik yang bergabung dalam PKK maupun rumah tangga lainnya memiliki peran yang cukup dominan dalam pembangunan bangsa dan peningkatan kwalitas keluarga.

Bupati Rupinus menyampaikan, saat ini Kabupaten Sekadau sudah memiliki 1 RSUD dan 12 Puskesmas milik pemerintah. "Marilah kita bersama-sama meningkatkan kontribusi terhadap pembangunan masyarakat agar tercipta generasi yang sehat dan berkualitas dan menjadi masyarakat yang maju mandiri dan berdaya saing," ajaknya.

"Semoga dengan penilaian kegiatan PKK KB Kesehatan di Kabupaten Sekadau dapat semakin dinamis dan solid demi kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Sekadau," harapnya.