Inosensius: Pengawasan Pemilu Partisipatif, Bawaslu Gandeng Kwarda Kalbar

Iklan Semua Halaman

Betang Raya Post - Suluh Perjuangan Rakyat Kalimantan

Inosensius: Pengawasan Pemilu Partisipatif, Bawaslu Gandeng Kwarda Kalbar

SANGGAU, BRP Dalam rangka pengawasan pemilu partisipatif, Bawaslu Kalbar mengandeng Gerakan Pramuka Kwartir Daerah (Kwarda) Kalimantan Barat. 

Acara dirangkai dengan digelarnya Perkemahan Jumat Sabtu Minggu (Perjusami) di lapangan Sabang Merah, kabupaten Sanggau, Jumat (11/5).

Kegiatan dihadiri langsung Ketua Bawaslu Kalbar, Ruhermansyah, Ketua Bawaslu Sanggau, Inosensius beserta komisioner, Kepela Sekretariat Bawaslu Sanggau, Hero Wasis, Ketua Kwarda Kalbar, H Suriyadi.
Ketua Bawaslu Kalbar, Ruhermansyah menyampaikan, memiliki visi yang sama dengan Kwarda, yakni seluruh masyarakat dan steakholder sama-sama memiliki visi yang sama terkait dengan pemilihan kepala daerah.
Visinya adalah terselenggaranya pemilihan kepala daerah secara demokratis, luber, jurdil, berkualitas dan berintegritas.
Untuk itu, ada misi yang sama dibangun, yakni sama-sama mencegah pelanggaran, melakukan pengawasan pelaksanaan Pilkada.
Salah satu steakholder itu dan memiliki basis atau anggota yang besar adalah gerakan pramuka. Kami menghimpun gerakan pramuka ini untuk diajak kerjasama didalam wadah pengawasan partisipatif.
Artinya, lanjut Ruhermansyah, mengajak seluruh eleman masyarakat, steakholder, khususnya pramuka untuk sama-sama melakukan pengawasan dan pencegahan terhadap pelanggaran-pelanggaran pemilu.
Sehingga nantinya dapatlah terlaksana atau terselenggaranya pemilihan kepada daerah yang demokratis, luber, jurdil, berkualitas dan berintegritas.
Sementara itu, menyampaikan, Ketua Kwarda Kalbar, H Suriyadi MS mengapresiasi dengan kegiatan yang diselenggarakan Bawaslu Provinsi Kalbar berkerjasama dengan Kwarda Kalbar yakni menggelar Perjusami.
“Ini tindaklanjut dari MoU beberapa waktu yang lalu, ” ujarnya.
Untuk itu, ia berharap, agar anggota pramuka bisa menbeckup dan membantu penyelenggaraan pemilu, sebagai pemantau.
“Paling tidak, juga untuk mensosialisasikan betapa penting arti pemilihan umum itu sendiri kepada masyarakat luas sebagai warga negara. Sehingga demikian apa yang menjadi harapan dan keinginan pemerintah untuk mensukseskan pelaksanaan pemilu yang aman dan tertib, demokratis, luber, jurdil, berkualitas dan berintegritas dapat terselenggara dengan baik, ” tegasnya.
Ia menegaskan, kami mengimplemtasikan tri satya dan dasa dharama, terutama yang ke-9, bertanggungjawab dan dapat dipercaya. untuk teknis operasional anggota pramuka dilapangan, Bawaslu yang akan mengarahkan apa tuga mereka. Namun yang terpenting adalah menjaga netralitas, demokratis, luber, jurdil, berkualitas dan berintegritas.
“Kegiatan ini diikuti Kwarda Pramuka se-Kalbar dan mengutus masing-masing kabupaten sebanyak 10 orang, lima puta dan lima putri. Totalnya 140 orang. Ini vioner, nanti di masing-masing kabupaten kota juga menyelenggarakan kegiatan yang sama. Inipun yang direkrut bagi mereka yang mempunyai kapasitas dan kavabilitas di tiap kabupaten/kota, ” tegasnya.
Ketua Bawaslu Sanggau, Inosensius menyampaikan, kabupaten Sanggau sebagai tuan rumah Perjusami pengawasan pemilu partisipatif, yang berakhir pada Minggu (13/5). “Kita harapkan kegiatan ini berjalan dengan lancar hingga selesai nanti, ” harapnya.