Pasca Ledakan Bom: Perpu Sebagai Solusi

Iklan Semua Halaman

Betang Raya Post - Suluh Perjuangan Rakyat Kalimantan

Pasca Ledakan Bom: Perpu Sebagai Solusi

SINTANG, BRP - Belum usai dimakan waktu, kota pahlawan di landa duka, BOM meledak di wilayah Hukum Mapolrestabes Surabaya.

Pelaku menggunakan sarana kendaraan roda 2 serta membawa anak di kendaraannya dan meledak, modus opperandinya sama dengan BOM yang terjadi sebelumnya sama tidak jauh berbeda, artinya sudah ada perencanaan yang matang, dan terstruktur.

Kapolri mengatakan terdapat 500 warga negara Indonesia yang baru pulang dari Suriah yang terindikasi menganut paham radikal, penegak hukum sudah mengetahui dan siap memberikan penegakan hukum jika terdapat landasan hukum yang memberikan ruang untuk itu.

Sependapat dengan pernyataan Kapolri agar kepala negara ( presiden ) dapat mengeluarkan Perpu untuk mencegah terjadinya, korban yang lebih banyak.

"Menurut saya harusnya presiden mengeluarkan Perpu, kenapa teroris adalah kejahatan yang luar biasa, ( Extra ordinary crime ), tidak harus menunggu RUU teroris di Sah kan, situasi dan kondisi harus menjadi pertimbangan presiden untuk mengeluarkan Perpu tersebut, demi terciptanya stabilitas nasional yang aman dan damai,"tegas FX Nikolas, SH. MH.


FX Nikolas, S.H,M.H
Dosen Hukum pidana dan Kriminologi FH Unka Sintang