Wartawan Dilarang Meliput, Ada Apa?

Iklan Semua Halaman

Betang Raya Post - Suluh Perjuangan Rakyat Kalimantan

Wartawan Dilarang Meliput, Ada Apa?

Oleh : Ka. Biro Betang Raya Post Sekadau, Asmuni

SEKADAU, BRP - Rapat pemeriksaan dan penelitian tanah atas permohonan HGU beberapa Perusahaan di Sekadau di Aula Hotel Pondok Indah Sekadau, Kamis (17/5/18) tidak boleh diliput. Hal ini dialami wartawan Detik Kasus, Suara Kalbar, Kapuas Post dan Betang Raya Post saat ingin  meliput kegiatan tersebut tidak diperkenankan masuk ruangan aula.

Pada saat Wartawan Detik kasus yang pertama kali ingin masuk ke ruangan aula malah diminta untuk menunggu diluar sampai rapat selesai oleh salah seorang yang berada didepan pintu ruangan aula, Eron Marjon (entah dari Perusahaan mana).

Ini jelas bertentangan dengan UU Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers pasal 4 di dalam ayat 1 disebutkan bahwa kemerdekaan pers dijamin sebagai hak asasi warga negara, ayat 2 bahwa terhadap pers nasional tidak dikenakan penyensoran, pembredelan atau pelarangan penyiaran.

Ayat 3 bahwa untuk menjamin kemerdekaan pers, pers nasional mempunyai hak mencari, memperoleh, dan menyebarluaskan gagasan dan informasi dan ayat 4 bahwa dalam mempertanggungjawabkan pemberitaan di depan hukum, wartawan mempunyai Hak Tolak.

UU Pers No 40/1999 pasal 4 ayat (2) dan ayat (3) berbunyi, setiap orang yang secara melawan hukum dengan sengaja melakukan tindakan yang berakibat menghambat atau menghalangi pasal tersebut diatas, dipidana dengan pidana penjara paling lambat 2 tahun.

Sementara, dalam hal penetapan HGU salah satu Perusahaan, semua masyarakat harus mengetahui.

"Dengan kejadian ini, jajaran media cetak maupun online di Kabupaten Sekadau protes keras. Ada apa dibalik kegiatan tersebut diatas".

Menyikapi hal ini, Ketua Ikatan Wartawan Sekadau (Iwas) Stevanus Renta (Joy) dan Ketua Ikatan Wartawan Online (Iwo) Kabupaten Sekadau Antonius Sutarjo, berang' dengan pelarangan kalangan media dalam meliput berita terssbut diatas.

Terkait larangan ini, kedua lembaga Insan Pers di Sekadau akan melakukan koordinasi antar sesama awak media lainnya yang ada di Kabupaten Sekadau.