Rumah Adat Melayu Sanggau Mulai Difungsikan

Iklan Semua Halaman

Betang Raya Post - Suluh Perjuangan Rakyat Kalimantan

Rumah Adat Melayu Sanggau Mulai Difungsikan



Foto: Serah Terima Pengelolaan Rumah Adat Melayu Sanggau


SANGGAU - Tasyakuran dan penyerahan pengelolaan rumah adat Melayu Sanggau, dari Bupati Sanggau Paolus Hadi kepada pengurus DPD MABM selaku pengelola, Sabtu (30/1/2021) dilaksanakan di Rumah Adat Melayu di Taman Sabang Merah, berjalan lancar.



Rombongan bupati Sanggau Paolus Hadi dan istri serta Forkopimda Sanggau memasuki rumah adat disambut dengan prosesi adat Melayu setempat.


Ketua DPD MABM Kabupaten Sanggau Budi Darmawan mengucapkan terima kasih kepada bupati, ketua DPRD dan Forkopimda, Pangeran Ratu Surya Negara Gusti Arman beserta ibu Ratu, serta semua tamu undangan atas kehadiran di acara tasyakuran dan penyerahan pengelolaan rumah adat Melayu ini.


Budi berharap pelaksanaan MTQ tahun 2023 tingkat Provinsi Kalimantan Barat bisa di laksanakan di rumah adat Melayu ini.


Hadir Ketua DPRD Sanggau Jumadi. Kapolres Sanggau AKBP Raymond Marcellino Masengi, S.IK. MH. Dandim 1204/Sgu Letkol Inf Affiansyah. Ketua DAD Kabupaten Sanggau, Yohanes Ontot yang diwakili oleh M. Ajau, Ketua PDKS Sanggau, Krismono dan Sekjen Sujadi. Ketua Pemuda Melayu dan para tokoh masyarakat lainnya.


"Jaga, rawat dan gunakan rumah Melayu ini dengan keberagaman adat istiadat warisan leluhur,"pesan Bupati Sanggau Paolus Hadi.


Adat istiadat merupakan aturan atau tata kelakuan yang dihormati dan dipatuhi oleh masyarakat secara turun temurun. Fungsinya untuk mengatur masyarakat agar tercipta ketertiban di suatu daerah.


Ditempat yang sama, Ketua Umum DPP PDKS Sanggau Krismono menyambut baik pengelolaan rumah adat Melayu Sanggau ini. 


Ini bukti Pemerintah daerah serius membangun dan mengembangkan budaya di bumi daranante. 


Krismono berharap semua pihak harus mendukung untuk kemajuan pembangunan.


"Kita apresiasi acara ini, dimana Sanggau kembali mengukir sejarah menuju bumi daranante bermartabat,"tegas Ketua Umum DPP PDKS Krismono didampingi Sekretaris Umum DPP PDKS Sujadi.