Yohanes Ontot: Dori Mpulor Identitas Keragaman Dayak di Sanggau

Iklan Semua Halaman

Betang Raya Post - Suluh Perjuangan Rakyat Kalimantan

Yohanes Ontot: Dori Mpulor Identitas Keragaman Dayak di Sanggau



Oleh Agustinus Andi


SANGGAU – Ketua Dewan Adat Dayak Kabupaten Sanggau Drs. Yohanes Ontot, M. Si mengisi kegiatan Obrolan Budaya  RRI Entikong dan SP Sanggau dengan tema “Dori’ Mpulor, Identitas Keragaman Dayak di Kabupaten Sanggau, bertempat di Rumah Betang Raya Dori’ Mpulor Sanggau, (14/01/2021). 


Dalam obralannya Ketua DAD Kabupaten Sanggau juga membahas bahwa Rumah Betang merupakan salah satu simbol budaya peninggalan oleh nenek moyang kita, yang mesti kita jaga dan kita pelihara.

Seiring dengan perkembangan jaman rumah betang ini dari hari ke hari punah, oleh karena itu masyarakat melalui pemerintah daerah kita mencoba merekapi ulang bagaimana simbol-simbol budaya yang ditampilkan melalui rumah betang ini tetap exis didalam kehidupan masyarakat adat dayak yang ada secara khusus di Kabupaten Sanggau. Tuturnya.


Dalam kegiatan tersebut Ketua Dewan Adat Dayak Kabupaten Sanggau Drs. Yohanes Ontot, M. Si yang juga sekaligus merupakan Wakil Bupati Kabupaten Sanggau menyampaikan bahwa dalam masa pandemi Covid 19 ini ada beberapa kegiatan adat tahunan suku dayak yang pelaksanaannya digelar dengan penerapan protokol kesehatan.

“Tahun 2020 lalu memang pengurus DAD Kabupaten Sanggau menyampaikan kepada Pengurus DAD di tingkat Kecamatan untuk melaksanakan ritual yang disebut tolak bala dimana ritual tersebut merupakan wujud partisipasi masyarakat adat dayak dalam membantu pemerintah dalam upaya pemutusan mata rantai covid19 dengan unsur kearifan lokal”, ujar beliau. 


Selanjutnya Ketua DAD Kabupaten Sanggau Drs. Yohanes Ontot, M. Si yang juga merupakan Wakil Bupati Kabupaten Sanggau juga menyampaikan ungkapan terima kasih kepada masyarakat Dayak Kabupaten Sanggau karena dapat mengikuti arahan Pemerintah Daerah dimana pelaksanaan ritual gawai dayak dilaksanakan dalam skala kecil sesuai arahan pemerintah.

Di akhir kegiatan Obrolan Budaya tersebut Wakil Bupati Sanggau mengajak seluruh masyarakat secara umum untuk melihat dan berkunjung ke rumah Betang Raya Dori’ Mpulor dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.