Sintang Miliki Museum Kapuas Raya

Iklan Semua Halaman

Betang Raya Post - Suluh Perjuangan Rakyat Kalimantan

Sintang Miliki Museum Kapuas Raya



FOTO: KESERUAN MUSEUM KAPUAS RAYA DIKUNJUNGI KEPALA MUSEUM PROPINSI KALBAR DAN KODIM 1205 SINTANG 


Oleh Rufina Sekunda



SANGGAU - Berdasarkan Peraturan Pemerintah RI No. 19 Tahun 1995, Museum adalah lembaga, tempat penyimpanan, perawatan, pengamanan dan pemanfaatan benda-benda bukti materil hasil budaya manusia serta alam dan lingkungannya guna menunjang upaya perlindungan dan pelestarian kekayaan budaya bangsa. 



Sintang boleh berbangga hati karena memiliki Museum Kapuas Raya yang terletak di jalan Sintang Pontianak, sebagai tempat pelestarian dan menjaga kekayaan sejarah budaya sintang. Dalam kunjugan kemarin kepala Museum Kalbar ibu Kusmindari Triwati, di dampingi langsung oleh Dandim Kodim 1205 Sintang Letkol. INF.Eko Bintara Sakti awan. 


Sambutan hangat di berikan  oleh Kabid Kebudayaan Disdikbud Sintang ibu Susana, dimana beliau menyampaikan bahwa Museum Kapuas raya Sintang sangat senang mendapat kunjungan dari team kajian museum Provinsi Kalbar dan Dandim 1205 Sintang, Letkol Inf Eko Bintara Saktiawan. 


Mengunjungi museum merupakan suatu kegiatan yang memiliki banyak manfaat. Di mana manfaat itu bukan hanya berguna untuk masa kini, namun juga untuk masa depan. Selain untuk berwisata beristirahat sejenak museum juga terkait dengan pendidikan, cita-cita, wawasan, rasa nasionalisme dan kebangsaan yang besar, bagi pengunjung museum tersebut. Dengan team kajian Sandung dari museum Provinsi Kalbar yang pada kesempatan ini di dampingi oleh Duta Rumah Belajar Kalbar Rufina Sekunda.


Susana percaya riset kajian ke Lintang Tambuk menjadi wahana bertukar pengalaman dalam mengelola museum yang menarik dan diminati untuk dikunjungi masyarakat umum khususnya anak muda.


"Yuk kita ke museum, museum dihatiku,"ajaknya.