Kata Pangdam, Lawan Covid-19 Perlu Kesadaran Kolektif Masyarakat

Iklan Semua Halaman

Betang Raya Post - Suluh Perjuangan Rakyat Kalimantan

Kata Pangdam, Lawan Covid-19 Perlu Kesadaran Kolektif Masyarakat



SANGGAU - Pangdam XII/Tanjungpura Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad mengecek langsung Posko Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berskala mikro di Kabupaten Sanggau, Kalbar, Selasa (27/7/2021).



Sebelumnya, posko pertama yang dikunjungi adalah Posko PPKM Koramil 1204-11/Tayan Hulu. Setelah itu, Posko PPKM Desa Pusat Damai, Kecamatan Parindu. 


Tiba di Kantor Camat Kapuas, rombongan Pangdam disambut langsung Bupati Sanggau Paolus Hadi didampingi Dandim 1204/Sanggau Letkol Inf Affiansyah, Kapolres Sanggau AKBP Raymond M Masengi, Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sanggau Ginting.


Hadir Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sanggau Timotius Yance, Camat Kapuas Jemain dan Kejari Sanggau Tengku Firdaus yang diwakili Heri. 


Pangdam juga mengecek Rumah Isolasi Kecamatan Kapuas.


“Saya lihat sudah bagus, sudah tertata. Namun ada evaluasi sedikit yang harus kita benahi sehingga lebih maksimal lagi. Kuncinya bagaimana kita menahan inang-inang itu tidak keluar, agar orang-orang yang terpapar Covid-19 tidak berinteraksi dengan orang lain,” ujarnya.


Perlu adanya kesadaran kolektif dari masyarakat. Harus terjalin kerja sama yang baik seluruh komponen masyarakat untuk bersama-sama, bahu-membahu agar bisa mengerti dan menyadari hal tersebut.


Apabila ada RT yang masuk zona merah, maka warga satu RT itu harus menyadari. Ini untuk kepentingan yang lebih besar, tidak hanya kepentingan RT, tapi ini kepentingan desa, kecamatan, kabupaten, provinsi bahkan Negara.


Jenderal bintang dua ini mengingatkan, penanganan individu yang terpapar Covid-19 menjadi sangat penting dan harus fokus dengan dibantu masyarakat lainnya.


 “Ketika sudah diisolasi, kemudian hasil negatif, maka otomatis zona juga akan turun dengan sendirinya. Mari bersama-sama kita menghadapinya dan harus sabar, yakinlah dengan tekad yang kuat, semangat yang kuat akan bisa kita lalui,” katanya.