Wabub Yohanes Ontot Minta Pengurus Adat Cerdas, Rasional dan Bijak

Iklan Semua Halaman

Betang Raya Post - Suluh Perjuangan Rakyat Kalimantan

Wabub Yohanes Ontot Minta Pengurus Adat Cerdas, Rasional dan Bijak


FOTO PENGUKUHAN KETUA DAD KECAMATAN TAYAN HULU PERIODE 2021 - 2026


Laporan Hendrikus Hendi


SOSOK - Pengukuhan Ketua Dewan Adat Dayak beserta kepengurusan DAD Kecamatan Tayan Hulu oleh Ketua DAD Kabupaten Sanggau Yohanes Ontot dilaksanakan di aula paroki Kristus Raja Sosok pada jumat, 17/12/2021.



Hadir pada acara ini Sekjen DAD Urbanus beserta pengurus DAD Sanggau, Asisten II Setda Sanggau Paulus Usrin, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Tanaman Pangan Hortikultura dan Perikanan Kabupaten Sanggau Kubin, Kadis Perhubungan Anselmus, anggota DPRD dapil 3 Robi Sugianto dan Supriadi, Forkompincam Kecamatan Tayan Hulu, Tokoh Pemuda, Tokoh Perempuan, Tokoh Masyarakat Kec. Tayan Hulu dan tamu undangan lainnya.



Kegiatan yang menghadirkan ketua DAD Kabupaten Sanggau Yohanes Ontot untuk melantik atau mengukuhkan Ketua DAD Kecamatan Tayan Hulu beserta anggota kepengurusannya ini dikemas dengan beberapa rangkaian kegiatan.


Diantaranya penyambutan ketua DAD Kabupaten Sanggau beserta rombongan dengan tarian adat dan ritual adat pomoang penyambutan oleh imam ritual pomoang dari suku Hibun Binjai.



Dalam kesempatan ini ketua umum DAD Kabupaten Sanggau Yohanes Ontot menyampaikan bahwa dengan dikukuhkannya kepengurusan DAD Kecamatan Tayan Hulu ini, dia memiliki kekuatan yuridis formal dalam melaksanakan tugas-tugasnya sebagai pimpinan DAD di Kecamatan Tayan Hulu.


"Nah ini sebenarnya tidak ringan tugasnya karena sudah dikukuhkannya dengan acara ritual adat, secara moral tradisi orang dayak bahwa adat istiadat ini sangat luar biasa tanggungjawabnya. Oleh karena itu, kita berharap dengan ketua dan jajaran ini bisa melaksanakan tugasnya secara baik, bekerjasama dengan baik dan harus mempertahankan adat istiadat, hukum adat dan budaya adat serta mampu mengakomodir semua kepentingan masyarakat adat yang ada di Kecamatan Tayan Hulu ini, sehingga persoalan-persoalan apapun yang terkait dengan masyarakat adat dia harus mampu mengakomodirnya secara baik, kita bukan menggunakan kekuatan otot hari ini, tetapi kita menggunakan kekuatan yang bertindak secara cerdas, rasional dan bijak ini yang kita harapkan bagi para pemegang adat ini”.



Beliau melanjutkan apapun yang berkaitan dengan masyarakat adat dayak bisa kita kawal, kita akomodir, kita selesaikan secara baik sehingga tidak ada benturan-benturan, baik benturan internal maupun external. Kita juga hawatir bahwa akhir-akhir ini ada gejala atau indikasi benturan internal sesama orang dayak bahkan sesama pemegang pemangku di masing-masing kita. oleh karena itu ini mesti diluruskan dengan ketua yang cerdas dan mampu mengakomodir mereka secara baik.


“Terkait dengan hukum adat, kita orang dayak tidak ada yang bertindak sendiri-sendiri diluar sepengetahuan pimpinan atau ketua DAD setempat, paling tidak para temenggung harus memberitahu terkait apa yang terjadi di masyarakat hukum adat itu sendiri, supaya tidak terjadi kesalahpahaman antar sesama kita, nah ini yang perlu kita akomodirkan” tutupnya.


Pada kesempatan yang sama ketua DAD Kecamatan Tayan Hulu  Heriyanto menyampaikan bahwa untuk kedepan setelah kami dikukuhkan hari ini tentu salah satu program kita yaitu menguatkan struktur organisasi mulai dari tingkat dusun, desa sampai Kecamatan agar para temenggung, pengurus adat , kepala adat dan pezirah bisa berkolaborasi dengan baik untuk menguatkan hukum adat dan adat istiadat yang ada di Kecamatan Tayan Hulu.



“Kedepannya nanti, karena di Kecamatan Tayan Hulu belum ada rumah betang adat, ini menjadi prioritas saya juga, oleh karena itu saya berharap bahwa di Kecamatan Tayan Hulu juga ada rumah betang, sehingga disitulah tempat pertemuan masyarakat adat untuk bermusyawarah, bermufakat terkait dengan persoalan-persoalan adat dan budaya”



Dia melanjutkan bahwa akan berkomunikasi dengan semua pihak, semua suku yang ada di Kecamatan Tayan Hulu, kita akan menjaga Kecamatan Tayan Hulu ini, termasuk keamanan agar semua hidup harmonis. Suku-suku yang ada adalah kekayaan kita, kebudayaan-kebudayaan ada di Kecamatan Tayan Hulu  adalah kebudayaan yang bermartabat yang patut kita jaga, sehingga hidup rukun dan damai itulah kunci sukses kita untuk membangun Kecamatan Tayan Hulu, membangun Sanggau dan membangun Indonesia yang kita cintai ini.



Kegiatan ditutup dengan penandatanganan dokumen-dokumen pengukuhan oleh Ketua Panitia Pemilihan, Ketua DAD terlantik dan Ketua DAD Kabupaten.