Kembangkan Budaya Lokal, Anggota Komisi II DPR RI Cornelis Apresiasi KPBDBL

Iklan Semua Halaman

Betang Raya Post - Suluh Perjuangan Rakyat Kalimantan

Kembangkan Budaya Lokal, Anggota Komisi II DPR RI Cornelis Apresiasi KPBDBL


Laporan: JV 

Editor: Firmus


LANDAK - Dalam Rangka Kunjungan Ke Daerah Pemilihan Anggota Anggota DPR RI Komisi II, Badan Anggaran dan Tim pengawas DPR RI Bidang Pengawasan Perbatasan Fraksi PDI Perjuangan Dapil Kalimantan Barat 1 Drs. Cornelis, M.H memberikan motivasi kepada Komunitas Pencinta Budaya Dayak Binua Landak (KPBDBL) Kabupaten Landak Provinsi Kalimantan Barat, yang pada saat itu melaksanakan syuting videoklip Budaya Dayak di Takiung, Desa Sidas, Kecamatan Sengah Temila.


Dalam kesempatan ini Cornelis mengatakan bahwa pentingnya mencintai, mempertahankan dan melestarikan budaya bangsa itu sendiri. Dengan mencintai keanekaragaman seni dan budaya yang dimiliki oleh bangsa Indonesia merupakan tanggung jawab kita semua sebagai warga Negara Indonesia.


"Karena dalam melestarikan atau mempertahankan kebudayaan bangsa tidak dapat di batasi oleh usia maupun golongan manapun. Keanekaragaman ini merupakan suatu kekayaan bangsa Indonesia yang harus dijaga dan dilestarikan agar tidak dicuri atau ditiru oleh bangsa lain. ," tukas Cornelis di kediamannya di Ngabang kepada awak media," Rabu (02/02/2022).



Lebih lanjut Cornelis mengucapkan bahwa Komunitas Pencinta Budaya Dayak Binua Landak (KPBDBL) Kabupaten Landak Provinsi Kalimantan Barat salah satu komunitas yang melestarikan dan mempertahankan budaya suku Dayak, tetapi masih banyak lagi komunitas-komunitas pencinta budaya suku Dayak lainya yang mampu melestarikan budaya Suku Dayak dan bahkan mampu mengenalkannya kepada dunia.


"Maka dari itu saya sangat mengapresiasi kepada para Komunitas Pencinta Budaya Dayak, khususnya kebudayaan Dayak yang mempunyai nilai positif," ucap Cornelis.



Cornelis mengungkapkan untuk mempertahankan Kebudayaannya di era yang sudah modern ini tidak lah mudah, banyak rintang dan penghalang untuk melestarikannya. Dengan demikian generasi muda harus mampu melestarikan dan mengembangkan Kebudayaan suatu bangsa itu sendiri.



"Menjaga dan melestarikan budaya lokal yang mempunyai nilai positif dalam masyarakat dapat dilakukan dengan berbagai cara dan pelestarian seni, budaya merupakan tanggung jawab bersama. Kebudayaan memegang peranan penting dalam kemajuan suatu bangsa", tutup Cornelis.