Anton Jabat Kajari Sanggau Gantikan Tengku Firdaus

Iklan Semua Halaman

Betang Raya Post - Suluh Perjuangan Rakyat Kalimantan

Anton Jabat Kajari Sanggau Gantikan Tengku Firdaus



Oleh Firmus


SANGGAU - Kajari Sanggau Tengku Firdaus pindah tugas. Ia mendapat posisi baru sebagai Kajari Jombang. 


Posisinya digantikan Anton Rudiyanto yang sebelumnya menjabat Kordinator di Kejaksaan Tinggi Semarang.


Pelantikan dan serah terima jabatan Kajari Sanggau akan digelar di Kejaksaan Tinggi Kalbar, Senin 7 Maret 2022. 


Tengku Firdaus akan dilantik, Rabu (9/3/2022) di Kejaksaan Tinggi Jawa Timur.


Sebelum Kajari meninggalkan Kabupaten Sanggau, telah di gelar acara pelepasan sebagai Kajari Sanggau di Kejaksaan Negeri Sanggau pada hari Jumat 4 Maret 2022.


Terhitung dua tahun sebelas bulan bertugas di Sanggau banyak kenangan karena Tengku Firdaus merasa Sanggau seperti kampung sendiri.


" Logat melayunya seperti daerah pesisir, Siak, Bengkalis, persis sama. Dari segi makanan juga sama, ada asam pedas, ada encalok (cincalok), saya merasa seperti pulang kampung,” ucap Tengku Firdaus.


Dirinya bersyukur ditempatkan di Sanggau bersama orang-orang baik.


“Saya minta kekompakan dan kehangatan serta rasa persaudaraan antar kita tetap dijaga,” pesannya.


Firdaus kemudian bercerita hal yang membuat dia begitu haru hingga mengusapkan air matanya.


“Saya ingat pada saat bulan puasa, ada salah satu saudara kita di kejaksaan yang sakit. Saya cerita sama istri, sebagai pimpinan saya merasa gagal, karena saat dia sakit saya tidak tahu,” ucapnya.


“Saya juga pernah merasakan hal seperti itu. Saya merantau tidak punya saudara, pada saat kita sakit, teman terdekatlah yang membantu kita. Alhamdulillah kawan kita masih tertolong, kita sempat gantian jaga di rumah sakit. Karena saya didukung orang-orang baik sehingga bisa terselamatkan,” ucapnya lagi.


Tengku Firdaus meminta persaudaraan dan kekompakan di Kejaksaan ini harus tetap di jaga. Tidak boleh ada pengkotak-kotakan, tidak ada fiksi, tidak ada iri, mau kerjaan Pidum, mau kerjaan Pidsus, mau kerjaan Datun, sama-sama kerja. Prestasi kerja itu bukan prestasi bidang, tapi prestasi Kejaksaan Negeri Sanggau.


Selain itu, pria murah senyum ini juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh wartawan di Sanggau yang telah mensupport dan mendukung kerja-kerja kejaksaan.


Selanjutnya, acara pisah sambut dilaksanakan di kantor bupati Sanggau. Tengku Firdaus berpamitan dengan Bupati Sanggau dan Forkopimda Sanggau. 


Ucapan selamat bertugas ditempat baru dan terima kasih atas pengabdiannya di Sanggau. 


Diacara pisah sambut itu suasana begitu mengharukan. Terlebih lagi mendengar kesan dan pesan dari Tengku Firdaus yang begitu terasa dihati. Terlihat beberapa tamu meneteskan air mata. Termasuk awak media.