Koordinasi dan pemetaan ke lokasi bakal calon IBM tahun 2023

Iklan Semua Halaman

Betang Raya Post - Suluh Perjuangan Rakyat Kalimantan

Koordinasi dan pemetaan ke lokasi bakal calon IBM tahun 2023



Sesuai dengan surat keputusan Bupati terkait penetapan/penunjukan desa bersinar (desa bersih narkoba) tahun 2023 untuk wilayah kabupaten Sanggau ke depannya akan ada 16 desa bersinar. 

Tanggal 12 Januari 2023 kasi rehabilitasi, Hery ariandi, SKM beserta staf melakukan koordinasi dan pemetaan ke desa Binjai yang merupakan salah satu desa bersinar. PROGRAM IBM (intervensi berbasis masyarakat) adalah merupakan salah satu program yang ada di dalam desa bersinar. Untuk tahun 2023 bnnk Sanggau mendapat target dari BNN RI untuk melaksanakan program IBM di dua desa. 

Adapun program IBM itu sendiri ialah program rehabilitasi bagi penyalahgunaan narkoba yang dirancang dari masyarakat untuk masyarakat dan oleh masyarakat melalui agen pemulihan (yang telah mendapatkan pembekalan dari BNN melalui pelatihan) dengan memanfaatkan fasilitas dan potensi masyarakat sesuai dengan kearifan lokal.

Dengan kata lain agen pemulihan ini adalah perpanjangan tangan dari BNN untuk menjangkau para penyalah guna yang ada di masyarakat. Harapannya adalah dengan program IBM ini semakin banyak penyalah guna di masyarakat yang bisa diselamatkan dari bahaya ketergantungan narkoba.

(Heri ariandi SKM)